News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON 2024

Atlet Muda Cabang Berkuda Equestrian Teuku Rifat Harsya Raih Dua Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Atlet muda berkuda equestrian dari Daerah khusus Jakarta (DKJ), Teuku Rifat Harsya (paling kiri) berhasil meraih dua emas dari Kelas Beregu U-21 untuk Dressage (tunggang serasi) dan Jumping (lompat rintangan) PON XXI Aceh-Sumut, Selasa (17/9/2024).

Atlet Muda Berkuda Equestrian Teuku Rifat Harsya Raih Dua Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024
 
 Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Atlet muda cabang olahraga berkuda equestrian dari Daerah khusus Jakarta (DKJ), Teuku Rifat Harsya (15 tahun), berhasil meraih dua emas dari Kelas Beregu U-21 untuk Dressage (tunggang serasi) dan Jumping (lompat rintangan).

Dengan total perolehan sementara  4 medali emas, Provinsi DKJ dipastikan menjadi juara umum pada cabang olahraga (cabor) tersebut.

Atas torehan prestasinya, Putra dari pasangan Teuku Riefky Harsya dan Adinda Yuanita ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada keluarga, tim, pelatih dan manajer yang telah membimbing, memotivasi dan menempa dirinya selama ini.

“Alhamdulillah Ini adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan selama 5 tahun terakhir. Saya berharap pencapaian ini bisa menginspirasi anak muda Indonesia untuk terus berprestasi tidak hanya di tingkat nasional, bahkan membawa merah putih ke tingkatan internasional.” ujar Teuku Rifat, Selasa (17/9/2024).

Sejak berumur 10 tahun Teuku Rifat intens digembleng dan dilatih oleh para pelatih klub Equinara Horse Sports seperti diantaranya, Ferry Wahyu Hadiyanto, Yoel Momongan dan Akbar Prihanjaya serta ibundanya yang juga mantan atlet equestrian Adinda Yuanita.

Berkuda Jakarta Sabet Juara Umum

Emas pertama Teuku Rifat dan Tim di dapatnya dalam kelas dressage beregu U-21 bersama M. Akbar Kurniawan (20 tahun) dan Claresta Amantha Kamsari. Sementara emas kedua diperoleh dalam kelas jumping beregu U-21 100 CM bersama M. Akbar Kurniawan (20 thn) dan Aisha Medyna Hakim (15 thn).

Pada PON XXI Aceh- Sumut, cabor berkuda equestrian terdapat 9 kelas dipertandingkan untuk memperoleh medali. 7 kelas telah tuntas dipertandingkan dan tersisa 2 kelas lagi yang akan dipertanding pada Rabu (18/9/2024).

Dimana 4 medali emas telah berhasil direbut Tim DKJ, artinya dapat dipastikan Tim Berkuda Equestrian DKJ akan menjadi Juara Umum.

Adapun klasemen sementara perolehan medali; DKJ dengan 4 medali emas, diikuti oleh Jawa Barat (1 emas, 4 perak), Sumatera Utara (1 emas 2 perunggu) dan DIY(1 emas).

Selain Berkuda Equestrian di bawah olah raga berkuda juga terdapat cabor Berkuda Pacu (Pacuan Kuda) dimana hasilnya DKJ telah berhasil menjadi Juara Umum dengan merebut 4 Medali Emas, 4 Perak dan 4 Perunggu. Urutan Kedua Kalsel (4 emas, 1 perak, 1 perunggu) dan Ketiga Jabar 1 emas, 2 perak, 3 perunggu)

Sebagai informasi, saat ini olahraga berkuda Daerah Khusus Jakarta (Equestrian dan Pacu) berkembang pesat dan menorehkan banyak prestasi sejak pembinaannya diayomi Aryo P.S. Djojohadikusumo.

 



Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini