News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Ketua Umum PSSI

George Toisutta: Saya Jadi Pengurus Sepakbola Sudah dari Dulu

Penulis: Alie Usman
Editor: Kisdiantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kasad Jenderal TNI George Toisutta memberikan keterangan dalam acara dukungan kepada George untuk maju sebagai calon Ketua PSSI, di Mabes Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Rabu (2/2/2011). George akan bertarung dengan Nurdin Halid (incumbent) untuk memperebutkan kursi Ketua PSSI dalam kongres yang digelar 19 Maret mendatang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
- Rumor bakal ada penjegalan atas pencalonan Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal George Toisutta, dengan penafsiran pasal 35 ayat 4 statuta PSSI, yang menyebutkan pembina klub tidak termasuk dalam salah satu syarat Statuta nampaknya bakal dipatahkan.

Seperti diketahui, Sekjen PSSI, Nugraha Besoes sebelumnya menafsirkan jika masa lima tahun berkiprah di sepakbola seperti syarat Statuta tidak berlaku untuk pembina, penasehat klub, ketua kehormatan, bahkan pendiri klub. Menurutnya, yang sesuai Statuta adalah orang yang mengurus dari tingkat Ketua Umum ke tingkat bawah.

Jika demikian, nama George yang hari ini, Senin (7/2/2011) mulai diolah tim verifikasi PSSI nampaknya akan melenggang mulus jadi kandidat calon Ketua Umum PSSI. Pasalnya, sebelum jadi pembina seperti sekarang, George telah lama mengurus jabatan struktural di PSAD.

"Pembina sepakbola, pembina olahraga di Kodam itu namanya Panglima. Nah, saya ini Kepala Staff, apalagi saya Panglima empat kali. Soal jadi pengurusnya, itu sudah dari dulu. Dari sejak jadi kapten, sampai bongkok juga tetap ngurus. Kurang apa lagi," ujar George pada wartawan.

Menurutnya, persoalan tersebut tak lepas dari upaya sebagian pihak yang tak ingin namanya lolos verifikasi dan merupakan bagian dari proses persaingan yang baru saja dimulai.

"AD/ART-nya kan sudah jelas. Minimal harus dicalonkan satu pemilik suara. Penyelesaian persoalan lain, itu nanti di belakang, rahasia dapur," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini