News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Ketua Umum PSSI

Nurdin Anggap Surat Menpora Intervensi PSSI

Editor: Kisdiantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Direktur PT Liga Indonesia Andi Darusalam, Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Ketua PSSI Nurdin Halid, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI Togar Manahan Nero (kiri ke kanan), memberikan keterangan pada wartawan terkait penundaan Kongres PSSI, di Kantor Badan Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (28/2/2011). Kongres yang sedianya digelar pada 26 Maret mendatang terpaksa ditunda karena tidak adanya calon ketua umum setelah Komite banding menggugurkan semua calon yang akan maju.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
- Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengatakan Menpora Andi Malarangeng pernah mengirimkan surat kepada PSSI. Ia menganggap hal tersebut sudah termasuk bentuk intervensi pemerintah dan justru mengacaukan sepakbola nasional.

"23 Februari 2011, ada surat dari Menpora, surat itu iya interensi, bunyi surat itu intervensi, karena FIFA sudah menyatakan itu, Undang-undang olahraga diterapkan di olahraga sudah bentuk intervensi," ujar Nurdin saat rapat dengan Komisi X DPR, Jakarta, Selasa(1/3/2011).

Menurut Nurdin, isi surat tersebut adalah, "Pemerintah bersama KONI mendesak PSSI melakukan peninjauan ulang persyaratan dan penetapan calon ketua umum PSSI, kongres."

"Menurut FIFA UU Olahraga saja tidak tepat diterapkan, apabila kami disuruh mengacu kongres sepakbola nasional, koreksi terhadap komite pemilihan PSSI," jelasnya.

Nurdin juga menjelaskan bunyi poin berikutnya, "Apabila peringatan desakan tidak diindahkan maka pemerintah bersama KONI dan KOI akan bertindak sesuai kewenangan masing-masing."

"Ini kami sudah ditekan diperingatkan pula, ditekan kita ini. Tafsir yang diberikan FIFA melalui suratnya, secara materi ancaman dari Menteri tersebut melanggar statuta FIFA, pasal 13 dan 17, menyatakan antara lain asosiasi sepakbola mengatur secara independen," tutup Nurdin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini