News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres PSSI

Fabregas: Sepakbola Indonesia Harus Realistis

Penulis: Alie Usman
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Fabregas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kapten tim Arsenal, Cesc Fabregas mengatakan, Indonesia harus mulai membenahi pengelolaan sepakbola, dan harus mulai serius menggarap sektor usia dini jika ingin mengangkat trophy piala dunia. Indonesia harus realistis jika menginginkan bisa tampil di Piala Dunia. Menurut Cesc Fabregas, menjadi negara kuat dalam sepakbola tak bisa secara instan didapatkan.

Dalam lawatannya ke Jakarta, pemain yang ikut mengantarkan Spanyol menjadi Juara Dunia tersebut sangat terkesan dengan banyaknya minat anak-anak Indonesia yang antusias dengan sepakbola. Berikut wawancara Fabregas dengan media massa di Jakarta, soal pandangannya terhadap sepakbola Indonesia, dan prediksinya mengenai masa depan sepakbola Indonesia.

W (wartawan):  Apa yang anda rasakan saat pertama kali menginjakan kaki di Indonesia? Adakah yang ingin anda sampaikan?

C (Cesc Fabregas): Suatu kehormatan bagi saya bisa datang ke Indonesia untuk pertama kalinya. Saya tahu di sini banyak sekali fans, tapi saya tidak pernah membayangkan akan mendapatkan sambutan semeriah ini. Ini membuat saya sangat-sangat terkesan. Terimakasih telah datang dan memberikan suport untuk saya.

W: Anda datang ke Jakarta sebagai duta Biskuat untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak di Indonesia. Kenapa anda tertarik dengan program-program yang berkaitan dengan anak-anak?

C: Saya sering mengatakan pada diri saya, anak-anak merupakan masa depan. Mereka ada bukan hanya untuk saat ini. Apalagi dalam sepakbola regenerasi sangat penting. Dimana ketika seseorang mulai pensiun, dia harus digantikan dengan yang lebih muda. Ketika pensiun, giliran kami yang akan menonton mereka bermain sepakbola. Mereka yang akan menjadi hiburan untuk kami.

Bagi saya, dengan beraktifitas bersama anak-anak, saya seperti kembali diingatkan pada masa kecil dulu, dimana saya berkeinginan menjadi pemain sepakbola, dan pada akhirnya saya dapat menjadi seorang pemain bola profesional seperti ini. Ini suatu kehormatan besar bagi saya, apalagi untuk anak-anak di negara yang indah seperti Indonesia.

W: Mengenai sepakbola indonesia. Bagaimana menurut anda soal masa depan sepakbola indonesia?

C: Saya pikir masa depan sepakbola Indonesia akan cerah. Beberapa waktu lalu melihat bagaimana tim Indonesia bermain. Saya melihat beberapa bulan kemarin. Saya pikir mereka sangat bagus. Itu pertama kalinya saya melihat Indonesia bermain, tapi saya suka dengan gaya permainan mereka, bagaimana mereka bermain dengan penuh semangat. Kita tahu, semangat merupakan faktor penting dalam sebuah permainan. Mereka benar-benar bermain bola dengan sepenuh hati, teknik yang bagus, mendribel bola dengan baik, dan saya ingin menyaksikan permainan mereka kembali.

W: Cesc, sebetulnya, apakah menurut anda indonesia bisa menjadi negara yang bisa mengangkat trophy Piala Dunia?

C: Untuk saat ini, saya kira anda harus realistis (sambil tertawa). Kau tahu jalan menjadi Juara Dunia sangat berat. Anda harus memulainya dengan step by step, dan anda tidak bisa melompat terlalu jauh seperti itu. Saya pikir, saat ini progresnya memang harus sudah dimulai, Indonesia punya pemain bagus. Seperti saya katakan, saya suka gaya permainan mereka dalam bermain sepakbola.

Yang harus anda tahu, meski Spanyol saat ini juara dunia, juara eropa, tapi kami belum pernah melakukan hal itu sebelumnya sepanjang sejarah kami. Saya kira menjadi seperti itu membutuhkan waktu, membutuhkan kepercayaan diri, dan membutuhkan generasi sepakbola yang baik. Dan itu harus dilakukan bersama-sama. Tapi saya sangat berharap Indonesia bisa melakukannya. Saya sangat berharap.

W: Lalu bagaimana anda melihat anak-anak indonesia. Kira-kira bagaimana menurut anda dengan masa depan mereka, khususnya dalam sepakbola?

C: Indonesia merupakan negara besar dengan jumlah anak-anak yang juga besar. Saya pikir ketika mereka melihat sepakbola, bermain sepakbola, mereka juga akan memimpikan untuk menjadi bintang sepakbola. Di sini merupakan lubang besar yang bisa menghasilkan banyak pemain muda. Mereka akan melakukan yang terbaik yang mereka punya dalam bermain bola. Itu yang penting.

Indonesia beruntung karena merupakan negara besar. Banyak anak-anak yang ingin bermain bola. Saya kira 10 sampai 15 orang terbaik dalam sepakbola pasti akan anda dapatkan. Mereka hanya perlu banyak berlatih, mendapat dukungan keluarga, melanjutkan pendidikan mereka, tapi yang terpenting adalah tidak melupakan keinginan mereka untuk bermain bola.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini