News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Timnas U-19 dan U-16 Berpeluang Lolos ke Piala Asia

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Nasional Indonesia U-16 dan U-19 berpeluang lolos ke AFC Cup U-16 dan U-19 Championship 2014

Berdasarkan hasil drawing yang dilangsungkan di House AFC, Bukit Jalil, Malaysia, pada Jumat (26/4), Indonesia di babak kualifikasi AFC U-16 berada di Grup J, bersama Jepang, Vietnam dan Filipina.

Sementara di babak kualifikasi AFC U-19, Indonesia berada di Grup G bersama Korea Selatan, Laos, Guam dan Filipina.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mengatakan, peluang dua tim 'Merah Putih' junior di ajang AFC kali ini cukup terbuka.

Terlebih karena dalam babak kualifikasi U-16 pada awal September dan U-19 di pertengahan Oktober, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada dua ajang tersebut.

"Peluang cukup besar. Apalagi untuk timnas U-19. Sebab kita hanya akan bersaing dengan Korea Selatan di Grup G, tanpa memandang remeh tiga tim lain yang ada dalam satu grup, yakni Laos, Guam dan Philipina," ujarnya dalam rilis yang diterima wartawan, Jumat (26/4/2013).

Djohar Arifin mengatakan, hasil drawing yang telah dilakukan setidaknya membuka peluang Indonesia menuju pentas Piala Dunia. Jadi timnas U-19 yang saat ini dibesut pelatih Indra Sjafri dan memang menjadi fokus utama PSSI untuk program jangka panjang, bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar.

"Bisa finish di urutan empat Piala Asia, maka mimpi tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya akan terwujud," tandasnya.

Babak kualifikasi AFC U-16 dibagi menjadi 10 grup. Juara di setiap grup bersama dengan lima runner-up terbaik melaju ke putaran final. Putaran final AFC Cup U-16 Championship 2014 akan dilangsungkan di Thailand pada September tahun depan.

Empat tim teratas di kejuaraan itu berhak mewakil Benua Asia di Piala Dunia U-17 yang dilangsungkan di Chilie pada 2015.

Sementara, babak kualifikasi AFC U-19 dibagi menjadi sembilan grup. Juara di masing-masing grup bersama enam tim terbaik akan melaju ke putaran final.
Putaran final AFC Cup U-19 Championship 2014 akan dilangsungkan di Myanmar pada Oktober tahun depan.

Empat tim teratas di kejuaraan itu berhak mewakil Benua Asia di Piala Dunia U-20 yang dilangsungkan di Selandia Baru pada 2015.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini