News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Prima Indonesia

Menjamu Semen Padang, PSM Makassar Dituntut Tampil Menyerang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemain PSM Makassar melakukan latihan di Lapangan Andi Mattalatta, Makassar, Sulsel, Selasa (30/4/2013). Para pemain menghendaki penyelesaian pembayaran gaji yang tertunggak sebulan lebih oleh Manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri (PSM) Makassar. (TRIBUN TIMUR/Muhammad Abdiwan)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan Indra

TRIBUNNEWS.COM - Tim kebanggaan masyarakat Kota Makassar, PSM Makassar, akan menghadapi tim kuat asal Sumatera Barat yang merupakan pemuncak klasemen sementara IPL, Semen Padang, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 5 Mei 2013 mendatang.

Andi Oddang dkk dituntut untuk bisa memberikan raihan maksimal melawan tim Kabau Sirah - julukan Semen Padang, sebab kini PSM Makassar terpuruk di posisi 11 dari 16 tim yang berkompetisi. Jelas hal ini sangat membahayakan, mengingat PSM Makassar harus masuk ke posisi empat besar di akhir klasemen kompetisi, agar bisa lolos ke kompetisi ISL musim depan.

Melawan Semen Padang tentu saja tak akan mudah, mengingat materi pemain yang dimiliki Semen Padang jauh lebih baik kualitasnya ketimbang PSM Makassar. Semen Padang dan PSM Makassar telah sama-sama mengarungi enam pertandingan. Namun Semen Padang jauh lebih unggul dengan lima kemenangan dan sekali imbang. Bandingkan dengan PSM Makassar yang empat kali kalah dan dua kali menang. Dari statistik ini saja sudah menunjukkan perbedaan kualitas kedua tim.

Namun optimisme tetap dikobarkan, mengingat PSM Makassar akan bermain di kandang sendiri, dan didukung penuh suporter fanatiknya. Sejumlah kalangan suporter dan pengamat menyerukan agar strategi ofensif alias menyerang kembali dipraktekkan pelatih PSM Makassar, Petar Segrt, seperti kala PSM Makassar menghabisi PSIR Rembang dengan skor 5-1 di Makassar beberapa waktu lalu.

Erwinsyah dari kelompok suporter VIP Selatan menyebutkan, strategi menyerang ketimbang bertahan menghadapi Semen Padang dibutuhkan, agar PSM bisa meraih hasil maksimal. ” Dan saya yakin, Semen Padang pasti juga akan menerapkan strategi menyerang, manfaatkan serangan balik dengan cepat, ini bisa membuat peluang PSM Makassar buat gol lebih cepat, ” kata Erwin.

Pelatih PSM Makassar, Petar Segrt pun akan menurunkan sebagian besar skuat yang sama seperti saat PSM Makassar mengalahkan PSIR Rembang 5-1 beberapa waktu lalu. Hanya minus Christian Febre Santis yang akumulasi kartu kuning, posisinya pun kemungkinan akan digantikan oleh Handi Hamzah atau Safruddin Tahar.

Sembuhnya pemain senior Syamsul Chaeruddin diharapkan bisa lebih menghidupkan lini tengah PSM Makassar bersama Rasyid Assyahid Bakri dan Kurniawan Karman, meski tipe ketiganya adalah pemain jangkar, tentunya diharapkan bisa menghancurkan pergerakan arus bola Semen Padang di lini tengah.

Cedera engkel kaki kanan yang dialami Andi Oddang tak pelak memang membuat Petar Segrt harus merubah lagi strategi yang akan diterapkan. Ilija Spasojevic dan si pemain pelari cepat, Kaharuddin Salam diharapkan bisa berkolaborasi dengan baik untuk menjadi tukang gedor PSM.

”Kami akan memainkan permainan Menyerang dan bertahan sama baiknya, Pemain Semen Padang itu cepat dan kuat semua, kami tak boleh lengah sedikitpun, ” kata Petar Segrt, Selasa (30/4/2013).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini