News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Super Indonesia

Persiba vs Persisam 1-1: Jalannya Pertandingan

Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PERSISAM PUTRA VS PERSIBA IMBANG - Pemain Persisam Lancine Kone (tengah) diadang dua pemain Persiba Balikpapan 18 Ahmad Maulana Putra (kiri) dan Muhammad Bahtiar

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Persiba Balikpapan harus puas dengan hasil seri di kandang saat menjamu Persisam Putra Samarinda dengan skor 1-1 dalam partai bertitel Derby Kaltim di Stadion Persiba, Balikpapan, Selasa (21/5) kemarin.

Satu gol tim tamu dicetak Lancine Kone menit ke-8 dan gol balasan Persiba dicetak Yus Arfandi menit ke-73. Dengan hasil ini Persiba naik ke posisi 8 dengan 24 poin. Adapun Persisam tetap di posisi 7 dengan 26 poin.

Dalam laga panas sarat emosi tersebut membuat wasit Dodi Setia Purnama harus mengeluarkan 10 kartu kuning dan tiga kartu merah. Yang menarik dua kartu merah dalam selang waktu tiga menit, mereka adalah Ahmad Sumardi (Persisam) yang diusir wasit pada menit ke-65 dan Johan Yoga Utama (Persiba) pada menit ke-70. Sedangkan satu kartu merah lainnya diterima Syakir Sulaiman (Persiba).

Sejak menit awal, Persiba langsung menggempur pertahanan Persisam. Skema permainan dengan tempo tinggi yang mengarah keras ditunjukkan para kedua tim. Baru berjalan dua menit, Syakir Sulaiman nyaris merobek jala gawang Persisam, namun tendangan bebas yang dilepaskan masih bisa diantisipasi Usman Pribadi. 

Lima menit kemudian giliran striker Persiba Kim Young Kwang melesakkan tendangan kerasnya. Namun, bola melebar tipis dari mistar gawang Persisam.

Keasyikan menyerang, menit ke-8, petaka terjadi di barisan pertahanan Beruang Madu. Lancine Kone yang menerima umpan dari sektor kanan langsung melakukan aksi individu dan melewati dua pengawalan pemain belakang Persiba Yudi dan Rendi. Setelah memperdaya dua pemain, Kone langsung menghujamkan tendangan keras kaki kirinya ke gawang Wawan Hendrawan. Wawan pun harus memungut bola di dalam gawangnya. Skor berubah 1-0 Persisam unggul. 

Kim Young kembali mendapat kesempatan, namun sepakannya ditepis penjaga gawang Usman Pribadi. Persisam yang segera melancarkan serangan balik mendapat peluang dari Kone. Namun cungkilan bola dari kaki Kone belum menemui sasaran. 

Di penghujung babak pertama, Kim harus ditandu ke luar lapangan dan dilarikan ke rumah sakit, lantaran alat vitalnya terinjak oleh pemain Persisam dan diganti Johan Yoga Utomo.
Memasuki babak kedua, tim besutan Herry Kiswanto ini tampil habis-habisan. Skuad Beruang Madu tak henti-hentinya menggempur pertahanan Pesut Mahakam. Patrice Nzekou dkk tak mau malu di hadapan pendukungnya sendiri. 

Ade Suhendra sempat melepas tendangan keras pada menit ke-57. Namun usaha gelandang anyar Persiba itu tak membuahkan hasil. 

Laga sempat memanas setelah wasit mengeluarkan dua kartu merah dalam selang waktu tiga menit. Adalah pemain Persisam Ahmad Sumardi yang diusir wasit pada menit ke-66 dan striker Persiba Johan Yoga Utama pada menit ke-69.

Meski kehilangan pemainnya, Persiba tak menyerah. Mereka terus bekerja keras. Usaha ini tak sia-sia karena Yus Arfandy sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-73. Berawal dari serangan Persiba yang memaksa kiper Persisam Usman Pribadi keluar dari gawang untuk menghalau bola.

Si kulit bundar jatuh ke kaki Ade Suhendra yang langsung melayangkan umpan ke depan gawang. Yus Arfandi pun menyambut bola dengan melakukan sundulan yang gagal dihalau Usman Pribadi. Skor berubah 1-1. 

 Jelang laga usai, Persiba kehilangan satu pemainnya lagi, yakni Syakir Sulaiman. Ia menerima kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran.Hingga laga usai, skor tetap imbang 1-1.(fer/tribun kaltim)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini