News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Konfederasi 2013

Vicente Del Bosque Bicara Timnas Spanyol dan Piala Konfederasi

Penulis: Komang Agus Ruspawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Vicente del Bosque

TRIBUNNEWS.COM – Sebagai tim juara dunia dan juara Eropa, Timnas Spanyol menjadi favorit di ajang Piala Konfederasi 2013 yang akan digelar di Brasil, 15-30 Juni mendatang. Tim arahan Vicente del Bosque itu digadang-gadang akan mampu menambah koleksi trofi mereka dari turnamen ini.

Namun Timnas Spanyol memiliki berbagai kendala. Mulai dari sektor penjaga gawang, terkait status Iker Casillas yang tak pernah dimainkan bersama Real Madrid setelah sembuh dari cedera. Di sektor penyerang, performa David Villa dan Fernando Torres, tengah menurun. Tim Matador juga kehilangan gelandang Xabi Alonso serta dihadapkan dengan cuaca panas.

Bagaimana Entrenador Timnas Spanyol Vicente del Bosque merespon berbagai kendala tersebut. Berikut petikan wawancaranya dengan harian Spanyol, AS.

Spanyol sukses menjadi tim terbaik dunia. Bagaimana peluang tim Anda di Piala Konfederasi tahun ini?

Kami akan mencoba memenanginya namun tanpa mengurangi rasa hormat kepada Tahiti, ada enam tim lain yang juga bisa memenangi turnamen tersebut. Ini adalah turnamen dengan empat juara dunia, juara Olimpiade, runner-up Piala Eropa, dan tim dengan masa depan cerah, Jepang.

Iker Casillas hanya menjadi cadangan di Real Madrid. Apakah ini tidak menjadi masalah? Lalu bagaimana dengan kiper lain?

Iker Casillas bermurah hari kepada rekan setimnya ketika menceritakan tentang berada di sebuah situasi sulit. Tiga kiper berada dalam kondisi bagus, namun Victor Valdes dan Pepe Reina memiliki keuntungan karena bermain lebih sering. Valdes menjadi starter melawan Republik Irlandia dan kita akan lihat siapa yang bermain di turnamen. Semua kiper yang saya pilih tak akan menjadi sebuah kesalahan.

Hubungan Casillas dengan Alvaro Arbeloa sejauh ini bagaimana?

Saya tidak melihat sesuatu yang menarik perhatian saya. Mereka makan bersama di meja yang sama, dan jika ada perbedaan pendapat maka itu tidak berbeda dengan apa yang terjadi di setiap tim. Seseorang tidak selalu setuju dengan segala hal dan di sini ada 23 pemain dengan opini mereka masing-masing. Namun hubungan mereka tidak merusak tim dan bagaimana mereka bersama. Jika perbedaan terjadi di klub mereka maka itu bukan urusan saya.

Di Piala Eropa Anda tidak memakai striker murni. Apakah strategi "false nine" masih akan diterapkan di Piala Konfederasi?

David Villa menjadi starter menghadapi Republik Irlandia. Kemudian kami akan menentukan bagaimana kami mengawali turnamen. Saya memiliki beberapa formasi yang semuanya bagus. Meski Spanyol digolongkan sebagai tim yang ofensif, namun sukses di turnamen pendek ditentukan dari bagaimana merancang pertahanan.

Spanyol harus kehilangan Xabi Alonso yang cedera? Apa ini berpengaruh pada tim?

Alonso penting untuk kami karena kami punya permainan yang berbasis pada dia dan Busquets dalam waktu yang lama. Sisanya berputar di sekitar mereka, baik dalam serangan maupun pertahanan. Mereka membuat tim Spanyol bersatu, tapi sekarang Xabi tidak ada kami punya yang lain, formasi yang lebih ofensif, seperti ketika melawan Haiti dengan Javi Martinez tengah lapangan dan (Santi) Cazorla dan Cesc (Fabregas) di depan dia, atau opsi yang lebih konservatif yang bisa kami gunakan di saat tertentu. Kami tidak akan menangisi ketiadaan Xabi karena kami punya banyak opsi lain yang terjamin.

Komentar Anda soal cuaca panas di Brasil?

Merupakan suatu kerugian bagi semua orang dan bermain dalam kondisi seperti ini akan jauh dari kata mudah, seperti yang kami alami saat menghadapi Haiti. Para pemain berjuang keras, namun mencetak dua gol awal lebih memberi hambatan dibanding hawa panas. Dalam kondisi seperti itu dan ketika kami ditekan setelah 20 menit kami kehilangan insentif yang biasanya kami temukan di kesempatan lain.

Terakhir, sejauh mana kekuatan Spanyol menghadapi Piala Dunia 2014 nanti?

Spanyol memiliki skuad yang stabil. Kami juga memiliki skuad U-21 yang siap sebagai pengganti, lihat saja Piala Eropa Israel. Kami cukup tenang karena pemain yang ada di sini untuk Piala Konfederasi tetap akan menjadi andalan di Piala Dunia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini