News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Schweinsteiger Kaget Jadi Pemain Terbaik Jerman

Penulis: Deny Budiman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bastian Schweinsteiger

TRIBUNNEWS.COM – Geladang Bayern Muenchen, Bastian Schweinsteiger, dinobatkan sebagai pemain terbaik Jerman 2013 versi majalah Kicker, Minggu (28/7/2013). Untuk posisi pelatih, Jupp Heynckes menerima penghargaan tersebut.

Schweinsteiger dan Heynckes merupakan dua sosok penting saat berhasil membawa Bayern merengkuh tiga gelar pada musim lalu. Musim ini, Schweini (panggilan Schweinsteiger) masih bermain untuk Bayern, sedangkan Heynckes sudah menyatakan pensiun dan tempatnya diganti Pep Guardiola.

Schweini tampil konsisten sepanjang musim lalu. Pemain berusia 28 tahun itu tak tergantikan di pos gelandang tengah Bayern. Ia tampil sebanyak 44 kali dengan mencetak sembilan gol untuk Bayern.

Sementara Heynckes merasa tersanjung meraih penghargaan sebagai pelatih terbaik Jerman. "Penghargaan ini melengkapi cerita dongeng saya. Ada banyak impian yang berubah menjadi kenyataan," kata Heynckes yang mengalahkan Christian Streich (SC Freiburg) dan Juergen Klopp (Dortmund) ddalam survei tersebut.

Total, ada 527 jurnalis yang berpartisipasi untuk menunjuk siapa pesepak bola yang paling bersinar di kompetisi Bundesliga sepanjang tahun 2013. Dan, 92 di antaranya menunjuk Bastian Schweinsteiger sebagai yang nomor satu. Ia unggul lima suara dibandingkan Franck Ribery; dan tujuh angka dari Thomas Mueller.

Uniknya gelandang yang sudah bermain 98 kali untuk timnas Jerman ini mengaku agak sedikit terkejut dengan penghargaan ini. Schweinsteiger menekankan bahwa ada beberapa periode ketika penampilannya tak lepas dari kritik. Di samping itu, pria kelahiran 1 Agustus menyebutkan, gelar yang didapatkannya, dipersembahkan kepada tim, Bayern Muenchen.

"Penghargaan ini mengejutkanku. Pasalnya, beberapa kali banyak yang mengkritik permainanku. Namun, penghargaan ini juga untuk klubku," tandas Schweini.

Nominator pemain terbaik Jerman tahun ini, lebih banyak diisi oleh para penggawa Bayern Munchen. 9 dari 15 pemain yang mendapatkan vote terbanyak berasal dari klub Bavaria. Tentu bukanlah sebuah kejanggalan. Keberhasilan mereka membawa klub meraih treble winners telah memikat para jurnalis.

Sementara itu, Borussia Dortmund yang musim lalu disalip Bayern di kompetisi domestik dan Eropa, mengirimkan lima wakil. Satu-satunya pemain di luar kedua tim yang bisa menembus 15 besar, adalah Stefan Kiessling (Bayer Leverkusen) yang menjadi top skor Bundesliga musim 2012-2013. Marco Reus, peraih penghargaan yang sama tahun lalu, cuma berada di uutan sebelas. (Tribunnews.com/den)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini