News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia 2014

Joseph Yobo Mundur Setelah 100 Pertandingan

Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Joseph Yobo

TRIBUNNEWS.COM - Tendangan Mathieu Valbuena di menit ke-90 itu tak berhasil diraih Antoine Griezmann. Namun si kulit bundar melewati tubuh kiper Nigeria, Vincent Enyeama, lalu mengenai betis Kapten Nigeria, Joseph Yobo. Bola memantul masuk ke gawang. Gol bunuh diri, 2-0 untuk Prancis, dan Nigeria semakin terpuruk tak bisa mengejar ketertinggalan.

Setelah pertandingan di putaran 16 besar Piala Dunia 2014 ini, Yobo pun mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Nigeria. Namun pesepak bola yang kini bermain untuk klub Fenerbahce ini membantah keputusannya mundur dari skuad berjulukan Elang Super ini lantaran gol bunuh diri tersebut.

"Saya sudah bermain untuk skuat ini 13 tahun. Saya kini ingin istirahat," katanya seperti dilansir Daily Independent.

Menurut Yobo keputusan mundur ini sudah dipikirkannya jauh-jauh hari. Dia ingin mundur setelah melewati pertandingan ke-100 bersama Elang Super, dan seusai Piala Dunia 2014. Pertandingan lawan Prancis semalam adalah pertandingan ke-100-nya, dan merupakan pertandingan terakhir Nigeria di ajang Piala Dunia 2014.

"Memang di luar harapan, saya mundur setelah saya membuat gol bunuh diri. Kenangan pahit," kata mantan bek Everton tersebut.

Namun Yobo tak mau mengingat sisi pahit itu. Dia hanya ingin mengingat masa-masa menggembirakan bersama Elang Super.

"Saya tak pernah menduga akan mencapai angka ini. Saya juga tak pernah menyangka bisa tampil di panggung dunia. Bahkan tampil di Piala Dunia tahun ini adalah sebuah kejutan, dan tidak pernah saya bayangkan karena saya mengalami cedera sebelumnya," ujar bek berusia 33 tahun itu.

Debut Yobo di timnas terjadi pada tahun 2001, dan dia langsung terpilih sebagai pemain Nigeria di Piala Dunia 2002.

Yobo memutuskan mundur karena ingin bisa lebih lama berkarier di sepak bola, karena bermain di timnas disebutnya rentan cedera. Dia ingin fokus ke klub, dan mengurangi kecenderungan cedera.

Yobo merasa mantap mundur dari timnas, karena dia melihat sudah ada penerusnya, yakni Kenneth Omeruo dan Godfrey Oboabona.

"Mereka akan berkembang, dan menjadi lebih baik. Tinggal diberi kesempatan. Mereka akan menjadi pemimpin juga," katanya.

Sementara itu kiper Nigeria, Vincent Enyeama, juga mengaku sedang menimbang-nimbang mundur dari timnas. Padahal dia akan menggantian Yobo sebagai Kapten Elang Super.

"Sebuah kehormatan mengenakan ban kapten timnas, tapi saya ingin istirahat dulu, dan berpikir panjang soal keputusan ini. Saya harus duduk bersama istri saya untuk membicarakan keputusan besar ini," katanya seperti dilansir KickOff Nigeria.

Enyeama memulai debut di timnas pada Piala Dunia 2002. Pelatih Nigeria saat itu, Festus Onigbinde, memasangnya sebagai starter dalam laga lawan Inggris.

Baca di Koran Super Ball, Rabu (2/7/2014)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini