News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rudy Keltjes Terbiasa Berpuasa Sejak Kecil

Penulis: Sigit Nugroho
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rudy Keltjes

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Puasa merupakan salah satu kegiatan ibadah yang diwajibkan umat muslim di bulan Ramadhan. Di saat umat muslim menjalankan puasa di bulan suci ini, pelatih PSM Makassar, Rudy Keltjes turut menjalankannya. Padahal pria kelahiran Situbondo tersebut beragama Katolik.

Bahkan Rudy mengaku sudah menjalankan puasa sejak kecil. "Keluarga saya memang sudah terbiasa menjalankan puasa. Jadi meski beragama Katolik, puasa sudah menjadi kegiatan yang biasa saya lakukan sampai sekarang. Bahkan saya sering puasa sampai tiga bulan," kata Rudy kepada Harian Super Ball, Minggu (20/7/2014).

Rudy menjelaskan, keluarganya ada yang beragama Islam dan Katolik."Papi saya beragama Katolik dan Ibu saya beragama Islam. Jadi saya dan keluarga sudah tidak asing dengan ibadah puasa, termasuk puasa di bulan Ramadhan. Bahkan di Katolik pun juga ada ibadah puasa," ucap Rudy.

Rudy menerangkan, selain mengikuti ajaran agama, puasa memang sangat bermanfaat. "Puasa itu banyak manfaatnya baik dari jasmani dan rohani. Jadi ini kegiatan positip yang bisa dilakukan dan dirasakan manfaatnya bagi siapa saja," terang Rudy.

Rudy yang berusia 62 tahun itu mengaku sehat karena sering berpuasa. Dengan berpuasa, Rudy bisa mengontrol kolesterol, tekanan darah, detak jantung, sampai mengatur pola makan.

"Puasa juga menurunkan tingkat emosional, karena saya ini temperamental. Dengan sering berpuasa, saya bisa menjalani hidup dengan positif thinking, menjaga perilaku, mengatur omongan agar tidak menyakiti orang lain dan masih banyak manfaat lainnya," tutur Rudy.

Banyaknya manfaat dari puasa itulah yang membuat Rudy jatuh cinta dengan kegiatan puasa. Oleh karena itu, dirinya akan berusaha terus melakukan puasa sesuai dengan kemampuan fisiknya.

"Saya kan sudah tidak muda lagi. Jadi harus tetap dikontrol dalam melakukan puasa. Pasalnya saya juga pernah ditegur dokter karena terlalu lama menjalankan puasa. Dokter khawatir, fisik saya semakin lemah jika terlalu lama berpuasa," papar Rudy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini