News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF 2014

Menakar Kekuatan Lawan Indonesia di AFF Grup A: Filipina Makin Berbahaya

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Timnas Filipina

TRIBUNNEWS.COM - Tim tuan rumah Vietnam di atas kertas akan jadi lawan serius Indonesia di ajang AFF 2014. Tapi jangan remehkan Filipina yang diprediksi akan menghadirkan kejutan di kejuaraan sepak bola terbesar se-Asia Tenggara ini.

“Saya tidak tahu banyak tentang kekuatan Filipina. Mereka bisa menjadi tim paling mengejutkan,” kata pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Pernyataan Riedl dibenarkan oleh gelandang timnas Filipina, Christopher Greatwich. Meski tidak termasuk sebagai favorit juara, Filipina menjelma menjadi tim yang memiliki kualitas bagus di level Asia Tenggara.

Menurut Greatwich, saat ini Filipina memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Greatwich mengatakan tim berjulukan Azkals tersebut memiliki pemain-pemain yang merumput di luar negeri. Selain itu banyak pemain lokal yang konsisten bermain kompetitif di kompetisi domestik, UFL.

“Pada tahun 2004 kami memiliki kamp pelatihan lokal, dan perjalanan singkat ke Vietnam sebagai persiapan. Kali ini kami telah memiliki banyak uji coba dan kamp latihan dalam dan luar negeri, sehingga tim sekarang juga jauh lebih siap,” kata Greatwich seperti dikutip Tribunnews.com dari Affsuzukicup.com, Rabu (19/11/2014).

Di dalam skuat asuhan Thomas Dooley, terdapat tiga pemain yang merumput di luar negeri. Di antaranya Rob Gier (Ascot United), Álvaro Silva (Al-Qadsia), dan Martin Steuble (Sporting Kansas City). Sebagai perbandingan, hanya Sergio van Dijk (Suphanburi) pemain timnas Indonesia yang merumput di luar negeri.

Rekor Filipina di turnamen dua tahunan ini juga cukup baik. Mereka sukses mencapai semifinal pada dua edisi terakhir AFF Suzuki Cup, Filipina ingin melanjutkan tren menanjak mereka di turnamen 2014 kali ini.

Filipina tergabung dalam grup A bersama Indonesia, Vietnam, dan Laos. Filipina akan menghadapi Laos pada laga pertama, Sabtu (22/11/2014) mendatang. Indonesia menjadi lawan kedua Filipina pada babak penyisihan grup.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini