News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Abduh Lestaluhu Ingin Perkuat Garuda Muda di Posisi Bek Kiri

Penulis: Sigit Nugroho
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesepakbola Persija Jakarta, Abduh Lestaluhu saat melakukan latihan di Lapangan Pusdiklat Olah Raga (POR) Pelita Jaya, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/5/2014). (Super Ball/Feri Setiawan)

Laporan Wartawan Harian Super Ball, Sigit Nugroho

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Pemain belakang Persija Jakarta, Abduh Lestaluhu berbangga hati lulus dalam seleksi seleksi Timnas U-23 tahap pertama yang digelar pada 28 November – 7 Desember 2014 di Kompleks Universitas Negeri Yogyakarta.

Dari 67 pemain yang ikut seleksi, Abduh merupakan bagian dari 30 pemain yang lolos seleksi. "Saya ditelepon pihak Badan Tim Nasional (BTN) hari Senin (15/12/2014). Menurut BTN saya lolos ke tahap berikutnya. Saya pun diminta untuk bersiap-siap menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) tahap berikutnya di Sawangan, Depok pada 17 Desember 2014," kata Abduh kepada Harian Super Ball.

Lolos pada seleksi tahap pertama, Abduh berharap bisa memperkuat tim Garuda Muda di posisi aslinya, yaitu sebagai bek kiri. "Selama dua musim belakangan di Persija, saya selalu ditempatkan di sayap kiri. Padahal posisi asli saya ya di bek kiri. Saat seleksi tahap pertama di Timnas U-23, saya main di posisi bek kiri. Mudah-mudahan jika lolos ke dalam skuat inti, saya tetap dimainkan di posisi bek kiri," tutur Abduh.

Posisi aslinya itu pun diharapkannya juga 'berlaku' di Persija saat menjalani kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim depan. "Saya ingin menjadi Ashley Cole hehehe. Saya merasa nyaman jika main di posisi asli, berbeda dengan jika harus mengisi kekosongan di posisi sayap kiri, performa saya jadi tidak lebih maksimal," jelas Abduh.

Abduh menambahkan, jika bermain di posisi sayap kiri, dia lebih banyak menyerang dan membantu pertahanan. Jika di posisi bek kiri, porsinya lebih fokus ke bertahan dengan sekali-kali membantu serangan.

"Jika kembali di posisi sayap kiri, saya sulit bersaing dengan pemain senior Persija lain, seperti Greg Nwokolo dan M. Ilham. Oleh karena itu, saya berharap kembali ke posisi asli sebagai bek kiri. Namun, saya siap saja jika ternyata saya minta membantu di posisi sayap kiri. Begitu juga jika itu diterapkan di Timnas U-23," imbuh Abduh.

Abduh pun sudah menyiapkan paspor untuk menjalani laga kualifikasi Piala Asia U-23 pada Maret 2015 di Palembang dan Sea Games 2015 di Singapura bersama seluruh pemain asuhan Aji Santoso. "Saya akan berusaha memberikan penampilan terbaik agar tidak mengecewakan coach Aji SAntoso. Yang terpenting adalah, saya tidak mau mengecewakan masyarakat Indonesia. Dukungan masyarakat yang begitu tinggi membuat saya bersemangat untuk bisa membantu Timnas U-23 mencapai target bisa lolos di Piala Asia dan menjadi juara di Sea Games 2015," papar Abduh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini