News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pengungkapan Sepak Bola Gajah Jadi Pintu Masuk Pemberantasan Mafia

Penulis: Syahrul Munir
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Satu adegan yang tertangkap kamera saat pemain musuh menjaga gawang lawan di laga PSS Sleman kontra PSIS Semarang.

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Peristiwa Sepak Bola Gajah menjadi pintu masuk bagi PSSI untuk mengungkap dalang 'mafia' sepak bola yang selama ini merusak sportifitas di lapangan. Tim investigasi, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, harus bisa membongkar siapa pelaku dibalik kasus yang mencoreng nama Indonesia di kancah dunia internasional.

"Kalau investigasi kasus Sepak Bola Gajah ini serius pasti bisa ketahuan siapa mafianya yang selama ini bermain di sepak bola," ujar mantan pemilik saham Persija Jakarta, Bambang Tjipto kepada Harian Super Ball.

Bambang tidak percaya dengan pernyataan mafia sepak bola ini mudah diendus tapi sulit ditindak. Ia mengatakan jika semua pihak memiliki komitmen kuat membangun sepak bola, semua itu bakal terkuak. "Mudah saja, tahap pertama periksa saja pimpinan pertandingannya (wasit). Selama ini wasit menjadi celah untuk mengatur pertandingan," ujarnya.

Bambang menegaskan pihaknya sangat mendukung dengan pembentukan tim 9 oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nachrawi. Dari tim itu, wasit yang dinilai bermasalah dalam memimpin pertandingan bisa diperiksa terutama rekeningnya. (Baca Juga: Slemania Yakin Manajer Tim PSS Dalang Sepak Bola Dagelan)

Jika ditemukan rekening yang tidak wajar, maka tidak menutup kemungkinan itu hasil dari kongkalingkong mengatur pertandingan. "Tim 9 ada mantan anggota KPK yang ahli dalam menelusuri itu. Pasti bisa," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini