News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Afrika 2015

Singkirkan Tuan Rumah, Ghana ke Final Hadapi Pantai Gading

Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Andre Ayew membobol gawang Guinea Equatorial di semifinal Piala Afrika 2015, Kamis (5/2/2015).

TRIBUNNEWS.COM, MALABO - Ghana sukses menyabet tiket menuju final Piala Afrika 2015 usai memetik kemenangan telak 3-0 atas Guinea Equatorial dalam laga yang berlangsung dengan tensi tinggi di Nuevo Estadio de Malabo, Jumat (6/2) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat Ghana menghadapi Pantai Gading di final Piala Afrika 2015.

Bertindak sebagai tuan rumah, Guinea Equatorial yang memiliki ambisi menjadi yang terbaik dalam gelaran turnamen tahun ini langsung berusaha menekan Ghana dengan komando Javier Balboa.

Ghana pun tak tinggal diam, kendati tak diperkuat penyerang andalan mereka, Asamoah Gyan, pasukan Avram Grant masih mampu untuk mengimbangi permainan cepat dan keras kubu lawan.

Jual beli tekanan terus terjadi hingga memasuki pertengahan babak. Akan tetapi efektivitas lebih dimiliki oleh Ghana, yang mampu membuka keunggulan di menit ke-41 lewat eksekusi penalti Jordan Ayew.

Momentum tersebut mampu dimaksimalkan Ghana untuk terus menekan dan berhasil menggandakan skor tiga menit berselang melalui eksekusi Mubarak Wakaso, keunggulan mereka bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua permainan, intensitas tekanan maupun tempo permainan semakin meningkat. Guinea yang berusaha mengejar ketertinggalan terus gencar untuk membangun serangan.

Namun justru kelengahan ditunjukkan barisan pertahanan mereka, tepat pada menit ke-75, Ghana mampu memperlebar jarak di papan skor, kali ini melalui upaya Andre Ayew.

Kontan tensi laga semakin memanas, bahkan lima menit jelang laga usai pertandingan sempat terhenti akibat kericuhan yang ditimbulkan fans Guinea yang tak terima dengan hasil sementara yang diperoleh tim kesayangan mereka.

Setelah sempat tertunda selama lebih dari 15 menit, pertandingan kedua kesebelasan kembali dilanjutkan dengan situasi yang mencekam. Kedudukan pun tak berubah hingga usai, Ghana sukses menyegel kemenangan 3-0 atas Guinea Equatorial.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini