News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Euro 2016

Inggris Lolos ke Euro 2016 Setelah Bantai San Marino 6-0

Editor: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ekspresi penyerang timnas Inggris, Wayne Rooney usai mencetak dua gol ke gawang Skotlandia di ajang uji coba.

TRIBUNNEWS.COM - Inggris berhasil meraih tiket ke Euro 2016 setelah membungkam San Marino 0-6 pada laga kualifikasi Grup E Euro 2016 di Stadion Olimpico di Seravalle, Sabtu (5/9/2015).

Inggris membuka keunggulan melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Wayne Rooney pada menit ke-13. Penalti diberikan oleh wasit lantaran bek San Marino, Marco Berardi, menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Sekadar catatan, gol tersebut membawa Rooney menjadi pencetak gol terbanyak Inggris bersama legenda Sir Bobby Charlton, yakni 49 gol.

Pada menit ke-30, skuat asuhan Roy Hodgson menggandakan keunggulan melalui aksi gol bunuh diri Cristian Brolli. Berawal dari umpan crossing Luke Shaw di sisi kiri, Brolli gagal mengantisipasi bola dengan sempurna sehingga meluncur ke gawang sendiri.

Kedudukan berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan Inggris dan bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, tepatnya pada menit ke-46, Inggris mengubah kedudukan menjadi 0-3 melalui gol yang dicetak oleh gelandang Everton, Ross Barkley. Memanfaatkan bola hasil umpan Alex Oxlade-Chamberlain, Barkley mampu menuntaskannya dengan sundulan.

Unggul tiga gol tidak membuat The Three Lions mengendurkan serangan. Theo Walcott yang baru masuk menggantikan Chamberlain langsung menyumbangkan gol keempat pada menit ke-68, setelah mendapatkan umpan dari Fabian Delph.

Selepas gol Walcott, Inggris kembali menggandakan keungguulan. Kali ini giliran Harry Kane yang menjebol gawang San Marino. Menerima umpan dari Jonjo Shelvey, Kane menyarangkan bola dengan cara melakukan chip. Kedudukan menjadi 0-5.

Inggris pun menutup pertandingan ini dengan kedudukan 0-6 melalui gol kedua Walcott pada menit ke-78. Dengan demikian, Inggris berhak lolos ke Euro 2016 dengan perolehan 21 poin dari tujuh kemenangan yang diraih pada kualifikasi Grup E.

Susunan pemain:
San Marino: 1-Aldo Simoncini; 5-Davide Simoncini (14-Alessandro Della Valle 80'), 6-Mirko Palazzi, 4-Cristian Brolli, 3-Marco Berardi, 2-Giovanni Bonini (20-Luca Tossi 72') ; 9-Nicola Chiaruzzi, 8-Manuel Battistini, 7-Adolfo Hirsch, 11-Matteo Vitaioli; 10-Andy Selva (18-Danilo Rinaldi 75')
Pelatih: Pier Angelo Manzaroli

Inggris: 1-Joe Hart; 6-Phil Jagielka, 2-Nathaniel Clyne, 5-John Stones, 3-Luke Shaw; 7-James Milner (17-Fabian Delph 58'), 4-Jonjo Shelvey; 11-Alex Oxlade-Chamberlain (14-Theo Walcott 67'), 8-Ross Barkley, 9-Jamie Vardy; 10-Wayne Rooney (18-Harry Kane 59')
Pelatih: Roy Hodgson

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini