News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Marwal Iskandar Sarankan Persija Prioritaskan Pemain Muda

Penulis: Jun Mahares
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah pemain Persija Jakarta berlatih saat sesi uji lapangan di Stadion Dipta, Gianyar. Jumat (28/8/2015). Tim Macan Kemayoran akan bertanding di laga pembuka Piala Presiden 2015 melawan tim tuan rumah Bali United tanggal 30 Agustus mendatang. TRIBUN BALI/RIZAL FANANY

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Mantan pemain Persija Jakarta Marwal Iskandar menyarankan tim ibu kot mulai memprioritaskan talenta muda. Ini dimaksudkan untuk mengakali krisis finansial klub.

"Waktu saya masih aktif bermain di daerah luar Jakarta, biasanya ada 3-4 pemain muda yang dilibatkan ditambah pemain yang punya utlity (multifungsi). Kombinasi pemain muda dan senior lokal bisa dibentuk dengan persiapan yang matang," kata Marwal, belum lama ini.

Menurut Marwal, kebijakan Persija dengan menyertakan sejumlah pemain muda sudah cukup baik di musim 2015.

Bahkan, tak sedikit pula yang akhirnya cemerlang bersama tim nasional Indonesia u23 di SEA Games Singapura 2015. Di antaranya ada Syaiful Indra Cahya, Abduh Lestaluhu, dan Vava Mario Yagalo.

Manajemen Macan Kemayoran, lanjut Marwal, dapat mengadopsi sistem pembinaan yang dilakukan Bali United. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu terbukti mampu lolos ke babak perempat final Piala Presiden.

Sayangnya, langkah tim asuhan Indra Sjafri itu harus terhenti di tangan Arema Cronus. Meski mampu mencuri gol lebih dulu di dua pertandingan tandang dan kandang, namun Bayu Gatra dkk harus takluk dengan agregat 3-5.

"Seperti yang dilakukan Bali United (Pusam), pemainnya masih muda semua. Memang prestasinya nggak bagus saat ini untuk juara, tapi dua tahun kemudian pasti bakal menuai hasilnya," ujar pemain yang semasa aktif akrab disebut sebagai gelandang pengangkut air itu.

Kendati demikian, Marwal menegaskan soal persiapan matang. Sebagus apapun komposisi pemain dalam satu klub tidak dipastikan tidak akan tampil maksimal jika tidak dibarengi persiapan matang.

"Jangan harap bicara prestasi kalau tidak mempersipakan tim dengan matang di ajang apapun," ujar mantan asisten pelatih Pusamania Borneo FC itu. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini