News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Oldstar Timnas Jadi Peserta Piala Gumelar 2016

Penulis: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Panpel Piala Agum Gumelar, Agus Susanto (kiri) dan Agum Gumelar (kanan)

TRIBUNNEWS, COM. JAKARTA - Dari empat kontestan turnamen sepakbola Piala Agum Gumelar X/2016 tim Oldstar Timnas menjadi peserta terbaru.

Piala Agum Gumelar X/2026 ini akan digelar 22-23 Januari 2016 di lapangan PSSI, Senayan, menyediakan hadiah lebih dari Rp 100 juta.                                   

Sejak diselenggarakan 12 tahun silam Piala Agum Gumelar mengalami beberapa kali perubahan komposisi peserta.

Namun, tim Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya dan tim Selebritis selalu menjadi peserta tetap. Tim komedian yang tergabung dalam Persatuan Artis dan Seniman Komedian Indonesia (PASKI) kemudian masuk menjadi peserta.                             

Setelah itu, tim Selebritis dipecah menjadi dua tim, yakni tim bintang film dan sinetron, serta tim musisi musisi dan presenter. Tim PASKI yang biasanya menjadi lumbung gol untuk lawan-lawannya, mulai kuat setelah diperluas menjadi PASKI-MAN, yang kepanjangannya adalah Persatuan Artis Seniman Komedian Indonesia-Mantan Atlet Nasional.                                          

Di Liga Agum IX-2015, tim PASKI-MAN yang bermaterikan Taufik Hidayat, Krisna Bayu, Rico Ceper, dengan pelatih Leo Syaputra --mantan punggawa Persija Pusat-- maju ke final namun harus menyerah 2-3 pada juara bertahan tim Siwo PWI DKI Jaya.                                     

Yang berbeda pada Piala Agum X/2016 mendatang,  Selebritis FC yang biasanya tampil dengan dua tim, kini diputuskan hanya satu tim. Sebagai gantinya, masuk peserta baru, yakni tim Oldstar Timnas Indonesia, dengan materi pemain 50 tahun ke atas.

Namun, dari pertemuan antara Agum Gumelar dengan Gatot Hariyo Sutedjo di acara Trofeo Matador Kamis (5/11) lalu di lapangan timnas Senayan, disepakati bahwa tim Oldstar Timnas Indonesia ini diperbolehkan menyertakan tiga peman diatas 45 tahun.                                                                

"Apakah memungkinkan kalau oldstar timnas ini usia pemainnya di atas 40 tahun, bukan 50 tahun,?" begitu dikemukakan Gatot Hariyo Sutedjo kepada Agum Gumelar saat itu.                   

Menanggapi keinginan mantan pemain timnas Binatama yang juga ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI) itu,  Agum Gumelar tertawa.

"Nanti tim-tim peserta lainnya pasti protes. Kalau masih 40 tahunan permainan mantan-mantan timnas pasti masih jauh di atas mereka," demikian disampaikan Agum Gumelar kala itu.                                                      

Para mantan pemain Timnas Indonesia seperti Rully Nere dan Berty Tutuarima sudah lama mengemukakan keinginannya  untuk disertakan di Piala Agum Gumelar.

Hal itu juga sering mereka sampaikan langsung kepada Agum Gumelar. Kini, formulasi pemain timnas dengan usia  50 tahun dan suntikan tiga pemain diatas 45 tahun dianggap sebagai formulasi terbaik. Taufik Hidayat, yang mengomandani tim PASKI-MAN, juga menyetujui formulasi tersebut.                                        

Menghadapi Liga Agum Gumelar X/2016, ke-4 tim peserta sama-sama mempersiapkan diri di lapangan PSSI. Tim Siwo Jaya berlatih setiap Sabtu sore, tim Selebritis setiap Selasa, tim PASKI-MAN hari Rabu, dan tim Oldstar Timnas Indonesia setiap Jumat sore. tb

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini