News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Eropa 2016

Rudiger Cedera, Persiapan Timnas Jerman Jadi Amburadul

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Antonio Rudiger

 

TRIBUNNEWS.COM, JERMAN - Persiapan timnas Jerman di Piala Eropa jadi amburadul. Pasalnya, satu lagi pemain utama mereka mengalami cedera tiga hari jelang event empat tahunan tersebut digelar.

Dialah Antonio Ruediger, bek 23 tahun tersebut mengalami cedera parah saat skuat Jerman menjalani sesi latihan, Selasa (7/6) waktu setempat. Bek AS Roma tersebut divonis cedera lutut dan harus menepi dari Euro 2016.

Bek muda tersebut mengalami cedera lutut sehari setelah timnas Jerman mendarat di Prancis. Dalam sesi latihan pertama di Prancis yang digelar di Stade Camille Fournier, Evian-les-Bains, Ruediger terjatuh saat akan melakukan tackling dalam gim ringan. Dia langsung mengerang kesakitan sembari memegang lutut kanannya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Rudiger dipastikan menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL). Cedera ini memaksa dirinya harus terlempar dari skuat Der Panzer di Piala Eropa 2016. Kabar cedera yang dialami Ruediger langsung diberitakan oleh Federasi Sepakbola Jerman (DFB) lewat akun Twitter resminya.

"Kabar buruk: @ToniRuediger keluar dari #PialaEropa2016, setelah mengalami robek ACL dalam latihan. Semoga lekas sembuh, Antonio!" tulis DFB lewat Twitter.

Cedera tersebut jelas membuat pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, ketar-ketir. Pemain tersebut memang menjadi andalan Loew di lini belakang Jerman. Ruediger awalnya diplot untuk menggantikan Mats Hummels di laga perdana melawan Ukraina. Hummels baru bisa memperkuat Jerman paling cepat di laga kedua jika prediksi tim dokter tak meleset. Hummels yang jadi pilihan utama Loew di lini belakang Jerman, sampai kemarin masih dalam proses pemulihan cedera betis.

Kini Loew harus memutar otak untuk mencari sosok yang tepat sebagai pengganti Ruediger. Dia harus segera memutuskan apakah akan menambah pemain atau tidak. Aturan UEFA mengizinkan adanya pergantian sampai pertandingan pertama berjalan. Loew dan staf pelatih masih mempertimbangkan apakah akan tetap memanggil bek baru atau akan memaksimalkan pemain yang ada.

Jerman akan melakoni laga perdananya di Grup C melawan Ukraina. Laga tersebut akan digelar di Stade Pierre-Mauroy, Lille, 12 Juni mendatang. Mengingat waktu yang mepet, pengganti Ruediger harus didapat paling lambat Kamis ini.

“Joachim Loew dan manajemen tim lainnya akan membuat keputusan apakah mereka akan memanggil seorang pengganti atau tidak sesuai dengan regulasi UEFA yang membolehkan mereka untuk melakukan itu hingga pertandingan pertama,” lanjut pernyataan DFB.

Menurut dokter timnas Jerman,  Dr Hans-Wilhelm Mueller-Wohlfahrt, cedera yang dialami Ruediger sangat parah. "Dia telah dipastikan absen dari Kejuaraan Eropa setelah mengalami cedera putus anterior cruciate ligament pada lutut kanannya dalam sesi latihan pertama Die Mannschaft di Evian," kata Dr Hans dalam pernyataan resmi kepada DFB.

Dr Hans memvonis cedera yang dialami Ruediger membutuhkan waktu penyembuhan yang panjang. Diprediksi bek tangguh AS Roma ini akan kembali ke lapangan setidaknya enam bulan ke depan. Ruediger sendiri baru dipermanenkan oleh Roma dari Stuttgart dengan biaya 9 juta poundsterling dan sudah tentu absen panjangnya Ruediger menjadi kerugian bagi serigala ibukota tersebut.(kto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini