News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Santri Nusantara U18 Diikuti 32 Tim

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

technical meeting Liga Santri Nusantara U18 Diikuti 32 Tim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Liga Santri Nusantara (LSN) adalah turnamen sepakbola U-18 yang diikuti oleh para santri dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia.

Kemenpora RI bekerja sama dengan Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia (RMI PBNU) berinisiatif untuk memajukan sepabola Indonesia dengan melibatan sumber daya dari pesantren.

Jumlah pesantren yang berada di bawah RMI tercatat 27.000 pesantren dengan jumlah santri lebih dari 4 juta orang, merupakan sumber potensial bagi bibit-bibit pesepakbola nasional, sekaligus menjadi pasar yang besar untuk pengembangan industri sepakbola nasional.

Selain faktor sumber daya dan potensi pasar yang dimiliki pesanrtren, LSN juga menjadi upaya bersama khususnya dari kaum santri untuk menyumbangkan kultur yang baik dan positif bagi pengembangan sepakbola nasional.

Tradisi pesantren dan santri yang luhur bisa ditularkan untuk peningkatan mutu dan kultur sepabola nasional, seperti tradisi tahlilan dan sholawat sebelum bermain, tradisi cium tangan kepada wasit sebelum bertanding dan ketika mendapat kartu karena suatu pelanggaran.

Lebih dari, dari sisi penonton, para santri juga bisa memberi contoh bagaimana menjadi supporter sepakbola yang tertib dan santun, di mana perjalanan santri menuju stadion dan saat di dalam stadion penuh dengan alunan sholawat yang menyejukkan hati.

Seri Nasional LSN 2016 di Jogjakarta adalah puncak penyelenggaraan LSN 2016 setelah berlangsung babak kualifikasi di tingkat regional. Pada seri regional, yang berlangsung pada bulan Agustus September 2016, dari 32 region yang ada, LSN 2016 diikuti oleh 874 klub/pesantren di seluruh Indonesia.

Tiap-tiap juara dari masing-masing region mengikuti Seri Nasional LSN 2016 di Jogjakarta untuk memperebutkan juara nasional dan Tropi Menpora RI.

Pada Seri Nasional 2016 di Jogjakarta ini, LSN diikuti oleh 32 Tim/Pesantren dari juara di masing-masing region. Tercatat di panitia peserta yang sudah hadir di Jogja sebanyak 1023 peserta terdiri dari pemain, manajer tim, official dan didampingi Koordinator Region. Jumlah tersebut belum termasuk supporter.

Seri Nasional LSN 2016 akan berlangsung mulai tanggal 24-30 Oktober, dengan menggunakan 7 stadion, yaitu Stadion Maguwo Sleman, Stadion Tridadi Sleman, Stadion Dwi Windu Bantul, Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Baturetno Bantul, Stadion AAU Timur Bantul dan Stadion AAU Barat Bantul.

Untuk Pembukaan Seri Nasional LSN 2016 akan dilaksanakan di Stadion Sultan Agung Bantul, hari Senin 24 Oktober 2016, jam 18:00 WIB. Selesai pembukaan dilanjutkan pertandingan antara PP Nur Iman Mlangi Sleman DIY vs PP Darut Taibin Tulungagung Jawa Timur.

Untuk Final dan penutupan akan dilaksanakan hari Ahad, 30 Oktober 2016, di Stadion Maguwoharjo Sleman jam 14:00 WIB, Yogyakarta, 23 Oktober 2016

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini