News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Soccer Championship

Bang Yos Sebut The Jakmania Faktor Penting Kebangkitan Persija

Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso memberi keterangan terkait menyerahkan diri pimpinan kelompok bersenjata Nurdin Ismail alias Din Minini di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (29/12/2015). Sutiyoso menyebutkan, Din Minimi Cs bersedia turun gunung dan menyerahkan 15 pucuk senjata api dan amunisi, setelah pihaknya menyetujui perjanjian amnesti politik (bebas dari tuntutan hukum) 150 anggotanya. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Pembina Persija, Sutiyoso, mengatakan, The Jakmania, kelompok pendukung Persija, merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan bangkitnya klub Ibu Kota.

The Jak, sebutan pendukung Persija itu, menjadi sumber utama penyemangat tim. Jika citra pendukung itu buruk, maka akan berdampak pada klubnya.

"Saya yakin, tidak akan ada sponsor yang mau mendanai Persija apabila Jakmania tidak bisa mengubah citra," ujar Bang Yos, panggilan akrab Sutiyoso.

Mantan gubernur DKI itu, mengirimkan karangan bunga sebagai ucapan selamat ulang tahun (Ultah) ke-19 Jakmania.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara itu, menuturkan, Jakmania yang dikenalnya sebagai kelompok suporter teladan, dan kreatif dalam mendukung klub idolanya, di dalam atau di luar lapangan.

"Saya yakin sekali, image yang muncul sekarang bukanlah Jakmania yang sesungguhnya," ujarnya.

Di era Bang Yos, The Jakmania merupakan salah satu barometer suporter kreatif di Indonesia.

The Jak pernah meraih prestasi sebaagi Suporter Terbaik di tahun 2004 dan 2008. Beberapa entitas bisnis dan edukasi seperti SWA, Prasetya Mulya, hingga Ciputra Foundation, sempat memberikan perhatian khusus terhadap kelompok suporter yang berdiri Desember 1997 itu.

"Dulu kalian pernah menjadi yang terbaik, dan yakinlah ke depan kalian pasti bisa menjadi lebih baik. Semoga di usia ke-19 ini menjadi awal bangkitnya Jakmania dan Persija," ujarnya. Selamat Ulang Tahun Jakmania.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Rabu (21/12/2016)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini