News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Demi Masa Depan Sepak Bola Indonesia, PSSI Jalin Kerja Sama dengan JFA dalam 5 Bidang Ini

Editor: Sapto Nugroho
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono (kedua kiri) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria (kiri) berfoto bersama Presiden Federasi Sepak Bola Jepang (JFA), Tashima Kozo dan Sekjen JFA, Kazumichi Iwagami usai penandatanganan kerja sama di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang, Kamis (7/12/2017).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sepakat menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) dalam membangun sepak bola.

Penandatanganan kerja sama tersebut telah dilakukan di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang, Kamis (7/12/2017).

Dalam penandatanganan kerja sama itu, PSSI diwakili Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

Sementara itu, dari JFA diwaliki oleh Presiden JFA, Tashima Kozo dan Sekjen JFA, Kazumichi Iwagami.

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono (kedua kiri) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria (kiri) berfoto bersama Presiden Federasi Sepak Bola Jepang (JFA), Tashima Kozo dan Sekjen JFA, Kazumichi Iwagami usai penandatanganan kerja sama di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang, Kamis (7/12/2017). (asenfootball.org)

Menurut Ratu Tisha Destria, faktor PSSI kembali bekerja sama dengan JFA dikarenakan sepak bola Indonesia mengalami periode yang sulit dan masih berorientasi dengan prestasi timnas, tapi belum memfokuskan langkah-langkah dan strategi untuk mencapai prestasi itu.

“Tidak hanya bicara pemain, tetapi juga bicara apa yang mendukung mereka agar tampil lebih baik. Untuk itu, kami perlu membungkus sepak bola modern ini dengan memfokuskan pada sektor lainnya seperti pelatih, wasit, manajemen, organisasi, good governance, pembinaan pemain usia muda, bisnis, media, keanggotaan, dan hubungan internasional,” kata Ratu Tisha Destria seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca: Luis Milla Puas dengan 4 Pemain Senior yang Dipanggil, Bima Sakti: Peluang Pemain Lain Masih Terbuka

Untuk itu, demi tujuan membangun sepak bola Indonesia agar lebih baik lagi ke depannya, PSSI pun mencoba untuk memfokuskan langkah-langkah dan strategi tersebut dengan menggaet JFA.

Setidaknya ada lima poin yang menjadi fokus utama sepak bola Indonesia dalam kerja sama tersebut.

Kelima poin kerja sama itu yakni Referee Development, Exchange Competencies (management courses dan project), Youth and Grass Root, Friendlies Match All Ages, dan Popularity of Football. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini