News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dede Sulaiman: Indonesia Punya Telenta Banyak, Kenapa Harus Naturalisasi?

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Legenda sepakbola Timnas Indonesia, Dede Sulaiman saat ditemui seusai acara pesta boa di Kemenpora, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Legenda sepakbola Timnas Indonesia, Dede Sulaiman turut berkomentar mengenai tren naturalisasi yang kini dilakukan sepakbola Indonesia.

Bahkan, para pemain naturalisasi itu pun tak jarang sengaja dilakukan guna memperkuat Timnas Indonesia.

Satu diantaranya yakni Ilija Spasojevic yang kini memperkuat Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan entah itu untuk meminimalisir kuota pemain asing bermain di Liga 1 atau untuk cara instan memperkuat Timnas Indonesia dinilai Dede Sulaiman adalah cara yang keliru, karena menurutnya hal itu malah membuat perkembangan pesepakbola lokal semakin meredup.

“Jujur kalau untuk naturalisai saya kurang setuju, karena talenta kita banyak, dan nantinya pemain naturalisasi akan berdampak pada pemain lokal juga jarang dapat kesempatan di kompetisi,” kata pemain yang hampir saja mengantarkan Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Menurutnya, hal itu pun mulai berdampak hingga saat ini dimana pesepakbola Indonesia khususnya di posisi striker tak lagi dihuni pemain lokal.

Untuk itu, ia pun berharap agar kedepannya pemain muda atau pemain lokal bisa dikasih kesempatan untuk mendapatkan menit bermain yang cukup, kalau tidak ia menilai timnas Indonesia akan seperti Inggris yang sekarang minim prestasi.

“Kompetisi itu wadah pemain jadi hebat. Pemain lokal belum ada yang keluar ya karena kurang dipercaya dan dikasih kesempatan. Contoh, Inggris itu kenapa tidak berhasil di kejuaraan internasional, karena di liga inggris banyak pemain asing,” paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini