News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF U16

Petinggi Sepakbola Malaysia Nilai Insiden Soal Bendera Indonesia Sengaja Dibesar-besarkan

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemain timnas U-16 Malaysia, Amirulash.

TRBUNNEWS.COM - Belum juga memulai perjuangan di ajang Piala AFF U-16 2018, pemain timnas U-16 Malaysia, Amirul Ashrafiq Hanifah, sudah menggemparkan jagad dunia maya Indonesia.

Baca: Pemain Timnas U-16 Malaysia Unggah Bendera Indonesia yang Dipasang Terbalik

Sebelumnya, diberitakan bahwa Amirul Ashrafiq Hanifah mengunggah sebuah foto lewat fitur instastory di akun Instagram pribadi miliknya dengan memperlihatkan bahwa timnas U-16 Malaysia siap bersaing di Piala AFF U-16 2018.

Amirulash memasang foto skuat timnas U-16 Malaysia dengan beserta sebuah teks berisi harapan agar bisa mendapatkan hasil terbaik di ajang tersebut.

Namun, di bawah foto skuat tersebut terlihat bendera Indonesia yang dibuat terbalik olehnya.

Ia memasang bendera Indonesia dengan warna putih (di atas) dan merah (di bawah) seperti bendera salah satu negara di Eropa, Polandia.

Sontak, tindakan ini menggemparkan jagad dunia maya di Tanah Air.

Selain itu, berbagai bentuk kritik pun menghujani akun instagram sang pemain.

Piala AFF U-16." width="320" height="180"/>
Pemain Timnas U-16 Amirulash memasang bendera Indonesia terbalik di instastorynya saat keberangkatan ke Indonesia untuk laga Piala AFF U-16.
Menanggapi isu ini, Direktur Senior Program Pengembangan Sepakbola Malaysia (NFDP), Safirul Azli Abu Bakar, menjelaskan bahwa sebetulnya kesalahan tersebut adalah hal yang tak disengaja.

Bahkan, Safirul Azli berpendapat bahwa isu ini sengaja dibesar-besarkan.

"Isu itu sengaja dibesar-besarkan, dia (Amirul, red) hanya mengunggah foto di media sosial Instagram dengan tulisan berisi semangat Malaysia di Indonesia," ujar Safirul Azli, dilansir BolaSport.com dari Berita Harian.

"Tetapi, terdapat emoji bendera Indonesia, tetapi dia salah menggunakan bendera Polandia," katanya menambahkan.
Tak ingin menambah panas keadaan dan membuat para pemain kehilangan fokus, Safirul Azli meminta skuat besutan Raja Azlan Shah itu agar tidak menggunakan media sosial untuk sementara waktu.

"Saya sudah mengingatkan kepada semua pelatih tentang peraturan untuk tidak menggunakan media sosial selama turnamen demi menjaga fokus di lapangan. Meskipun, saya tahu pemain tidak memiliki niatan buruk dan telah menghapus unggahan tersebut," jelasnya.

Pada hari ini, Minggu (29/7/2018), Amirul Ashrafiq Hanifah sejatinya telah menyampaikan permintaan maaf soal insiden tersebut.

Hal itu disampaikan sang pemain melalui unggahan di akun Instagram miliknya.

"Saya ingin memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas kesalahan saya mengunggah bendera yang salah pada Instastory tempo hari," tulis Amirulash dalam caption.

Lebih lanjut, sang pemain berharap agar isu yang sempat memancing amarah publik Indonesia itu tak diperbesar.

"Diharap isu ini tidak terus diperbesarkan dan sekali lagi saya minta maaf," ungkap Amirulash dalam keterangan unggahannya.
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini