News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soccer Style

Lionel Messi, Ulang Tahun Sang Legenda dan Perubahan Peran Bersama Barcelona

Penulis: Gigih
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Lionel Messi, ulang tahun sang legenda dan perubahan peran bersama Barcelona.

Lionel Messi merayakan ulang tahun ke 32 tahun tepat pada 24 Juni 2019, hari ini Senin (24/6/2019).

Pemain Barcelona ini merupakan salah satu pemain sepak bola atau yang terbaik di dunia.

Baca: Cristiano Ronaldo Akan Punya Rekan Setim Bertabur Bintang? Ini The Dream Team Juventus

Mengingat Messi tentu tidak akan lepas dari perannya bersama Barcelona yang sayangnya sulit ia replikasi bersama Timnas Argentina.

Messi di usia 32 tahun, bukanlah pemain yang sama ketika mencatatkan debutnya bersama Barcelona pada 2004, saat itu ia sangat eksplosif dengan aksi individu yang mumpuni dan bisa dibilang kelas dunia, di usia 32 tahun, tentu perubahan permainan sudah ditunjukkan sang Messiah.

Sulit rasanya melihat Messi melewati enam pemain seperti ketika menghadapi Villareal beberapa tahun lalu, perannya kini lebih ke dalam, mementingkan tim, meskipun aksi magisnya masih sangat terlihat di Barcelona.

Perubahan peran Messi dimulai pada 2017, ketika itu Barcelona kehilangan beberapa pemain dan nyaris minim aktifitas di bursa transfer.

Kehilangan Neymar menjadi kehilangan besar bagi Barcelona, yang berarti trio MSN yang menjadi andalan akan hilang.

"Mereka sedang tertidur sekarang (di bursa transfer). Mereka merekrut pemain yang pada dasarnya tidak sesuai dengan sistem permainan dari Barcelona itu sendiri," ujar Xavi dikutip Tribunnews dari The Guardian saat itu.

Namun Barcelona tidak perlu khawatir, mereka punya pemain dewa yang selama ini menjadi juru selamat bagi El Barca : Lionel Messi.

Mungkin banyak yang mengetahui betapa hebatnya Lionel Messi, dan memang hal tersebut tepat, gambaran paling sempurna ada pada buku Benjamin Morris, Five Thirty Eight.

Pakar statistik olahraga tersebut membuat satu bab pada bukunya dengan tema Messi, Benjamin membuat rangkuman statistik permainan Messi sejak ia remaja dan mencatatkan debut, mulai dari prosentase gol hingga pergerakan dengan satu kesimpulan di akhir buku : Ketidakmungkinan (Unbelieveable).

Messi adalah juru selamat bagi Barcelona, sang pengubah arah permaianan, sang pencetak gol, dan pemain serbabisa, musim ini Barcelona akan sangat bergantung pada kaki kiri Messi untuk mengarungi Liga Spanyol, Champions dan Copa del Rey.

Ketergantungan Messi oleh Barcelona memang mestinya dikurangi, namun apa yang anda lakukan apabila memiliki satu pemain megabintang dalam tim? Barcelona memahami itu, mereka memang memboyong Frankie De Jong ke Camp Nou, namun tidaklah cukup bagi Barcelona.

Messi adalah keajaiban yang diciptakan bagi Barcelona, Jonathan Wilson dalam bukunya The Angels with dirty face, menyebut Messi bukanlah titisan dewa ialah sang dewa, dengan beragam kemampuan yang mungkin kita akan hanya bisa mengenangnya ketika Messi pensiun.

MessiĀ  mengubah perannya bersama Barcelona, ia tidak lagi manja, statistik menunjukkan ia adalah pemain pertama yang akan membangun serangan dan menjadi pemain terakhir yang mengeksekusi bola, apapun akan dilakukan Messi untuk menjadi juru selamat Barcelona.

Selamat ulang tahun Lionel Messi !

(Tribunnews.com/Gigih)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini