News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga 1

Liga 1 2020 Berpusat di Pulau Jawa, 18 Tim Peserta Bebas Tentukan Homebase

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Liga 1 2020.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 2020 akan berpusat di Pulau Jawa.

Kepastian tersebut turut dituangkan oleh PT LIB dalam surat bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 itu berisikan tentang 'Penyampaian Tindak Lanjut Surat Keputusan PSSI SKEP/053/VI/2020'.

Salah satu isi poin dari surat terbaru yang dikeluarkan PT LIB menyebutkan kompetisi akan terpusat di Pulau Jawa.

Baca: Liga 1 Belum Dapat Rekomendasi, PT LIB dan PSSI Mau Bertemu Gugus Tugas Covid-19

Baca: Empat Klub Tolak Liga 1 2020 Berlanjut, Ini Langkah PT LIB Selaku Operator Kompetisi

Baca: Format Lanjutan Liga 1 2020 Tak Berubah: Lanjut Pekan ke-4, Tim Luar Jawa Ber-Home Base di Jogja

Selain itu, klub-klub yang berasal dari luar Pulau Jawa akan ber-homebase di Jawa khususnya di DI Yogyakarta dan sekitarnya

Seperti diketahui, kelima klub yang berasal dari luar Pulau Jawa adalah PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, Barito Putera, Bali United.

Kelima klub tersebut diberikan kebebasan memilih homebase sesuai dengan pilihannya untuk digunakan di kompetisi Liga 1 2020.

PT LIB memberikan tenggat waktu kepada tim-tim kontestan Liga 1 2020 melaporkan pilihan homebase selambat-lambatnya pada tanggal 15 Juli 2020.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno memastikan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh tim kontestan Liga 1 2020 sebagai pemberitahuan kompetisi akan segera dilanjutkan.

Baca: Persipura Wanti-wanti, Jangan Sampai Liga 1 2020 Jadi Klaster Baru Covid-19

Baca: Persebaya Tolak Liga 1 2020 Dilanjutkan, Bonek: Jangan Samakan dengan Liga Eropa

PT LIB turut meminta kepastian dari seluruh tim-tim peserta Liga 1 untuk memberikan laporan penunjukan homebase yang akan digunakan.

"Kami sirkuler ke klub-klub,kami akan sampaikan surat dalam waktu dekat juga akan kami kirimkan surat setelah ini untuk bisa kami minta kepastian terkait dengan homebase mereka," kata Sudjarno kepada awak media, pada Jumat (10/7/2020).

Sudjarno mengharapkan, tim-tim yang berasal dari luar Pulau Jawa diharapkan bisa menggunakan stadion yang ada di Yogyakarta atau di Jawa Tengah.

"Kalau yang dari luar Jawa itu kan sudah kami konsentrasikan di Jogja atau Jawa Tengah, akomodasinya Jogja dan sekitarnya," tambahnya.

Sementara itu, khusus untuk tim-tim yang berasal dari Pulau Jawa berpeluang tetap bisa menggunakan homebase-nya masing-masing.

Namun, lanjut Sudjarno, setiap tim masih berpeluang untuk bisa memindahkan lokasi kandangnya.

"Kita sudah menyurat kepada tim-tim yang berada di pulau Jawa mereka bisa menggunakan homebase mereka. Kalau tim mau pindah kemana yang penting pindah ke Jawa," tutup Sudjarno.

Seperti diektahui, PSSI sudah terlebih dahulu memastikan kompetisi Liga 1 akan kembali diputar pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Kepastian tersebut turut dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) terbaru bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini