News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pengamat Sepakbola Ini Sarankan Pembagian Grup Piala Menpora 2021 Jangan Ada Tuan Rumah

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Benny Tomasoa

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Sepakbola, Benny Tomasoa mengaku bersyukur dengan adanya surat izin dari kepolisian yang menyetujui adanya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

“Alhamdulillah, izin bersyarat telah disetujui penyelenggara turnamen pramusim ini harus ketat dan tegas untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ungkap Benny Tomasoa.

Benny Tomasoa yang juga mantan manajer tim PSMS Medan ini menyampaikan apresiasi kepada pihak terkait yang sudah bekerja keras untuk melaksanakan turnamen pramusim, khususnya pihak Polri yang sudah memberikan lampu hijau.

“Terima kasih untuk Kapolri, Listyo Sigit Prabowo dan Institusi Kepolisian RI,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kapolri mengatakan pihaknya sepakat untuk memberikan kesempatan berupa izin turnamen pramusim 2021 dengan catatan.

“Penegakan protokol kesehatan itu menjadi syarat utama. Dengan adanya kesepakatan tersebut klub PSSI dan PT LIB harus sama-sama menjaga komitmen, baik klub bola, pemain, suporter. di manapun nantinya apabila ini diselenggarakan penegakan prokes itu jadi prioritas,” kata Listyo Sigit Prabowo.

Lebih jauh Benny memberikan saran kepada PSSI maupun PT LIB soal komposisi pertandingan pra musim.

Sekalipun saat ini sudah terdapat sebanyak 40 tim peserta yang dibagi dalam 8 (delapan) grup dengan komposisi lima tim di setiap grup.

“Sebaiknya kota yang ditunjuk sebagai venue untuk pramusim, jangan ada klub tuan rumah yang main di kota-nya, toh semua venue tanpa penonton. Karena jika pramusim gagal menghindari keramaian dan kerumunan, maka kompetisi resmi terancam gagal diizinkan,” jelasnya.

Rekomendasi ini sekaligus menjawab pertanyaan soal kepastian yang selama ini dipertanyakan klub.

Namun, rekomendasi ini sekaligus ujian buat PSSI, PT LIB, klub, dan suporter untuk memegang komitmen kepatuhan terhadap aturan protokol kesehatan yang diminta pihak kepolisian.

Jika dalam pelaksanaan pramusim Piala Menpora 2021 terdapat pelanggaran aturan protokol kesehatan, pihak kepolisian berhak untuk mengevaluasi.

Hasil evaluasi itu yang akan jadi dasar untuk izin penyelenggaraan Liga 1 2021 pada Juni mendatang.

Rekomendasi ini hanya untuk pramusim. Untuk kompetisi nanti setelah pramusim, atau rekomendasi susulan berikutnya tergantung evaluasi di pramusim

“Semoga berjalan baik. Sesuai protokol kesehatan,” tuturnya.

Rencananya gelaran turnamen pramusim akan mulai pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Pesertanya terdiri dari 18 klub Liga 1 ditambah dua klub Liga 2.

Format turnamen ini akan dibagi menjadi empat grup dan masing-masing dipusatkan di satu wilayah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini