News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Champions

HASIL Liga Champions - Legenda Chelsea, Ballack: Thomas Tuchel adalah Pelatih yang Cerdas

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih kepala Chelsea di Jerman Thomas Tuchel melakukan selebrasi setelah gelandang Inggris Chelsea Mason Mount (tak terlihat) mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola semifinal leg kedua Liga Champions UEFA antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London pada 5 Mei 2021. Glyn KIRK / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Chelsea berhasil melaju ke final Liga Champions setelah mengalahkan Real Madrid 2-0 (agg:3-1) di Stamford Bridge, Kamis (6/5/2021) dini hari WIB.

Gol kemenangan anak asuh Thomas Tuchel dicetak oleh Timo Werner (28') dan Mason Mount (85').

Dengan hasil ini, Thomas Tuchel tercatat sebagai pelatih pertama dalam sejarah Liga Champions yang berhasil mencapai final Liga Champions dengan 2 tim berbeda, Chelsea (2020-2021) dan PSG (2019-2020), menurut catatan William Hill.

Baca juga: HASIL Liga Champions, Chelsea Ketemu Manchester City di Final Usai Kalahkan Real Madrid 2-0

Sejak kedatangan Tuchel ke Stamford Bridge menggantikan Frank Lampard, Chelsea telah memainkan 24 laga dengan 16 kemenangan dan hanya menderita 2 kekalahan.

Menurut legenda Chelsea, Michael Ballack, Thomas Tuchel adalah sosok pelatih yang jenius.

Dia mampu menyatukan semangat tim di saat Chelsea tampil tak konsisten saat dibesut Frank Lampard.

"Selalu sulit jika Anda kembali bergabung dengan klub setelah menjadi legenda seperti Frank Lampard sebagai pemain. Thomas adalah orang yang cerdas dan menunjukkan itu ketika dia pergi ke Paris St-Germain," kata Ballack, dikutip dari BBC.

"Di Chelsea dia telah menyatukan semangat tim. Masih ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan tetapi jika Anda ingin memenangkan gelar, Anda perlu menstabilkan pertahanan dan itulah yang telah dia lakukan."

Reformasi tim juga tampak sejak kedatangan mantan pelatih asal Jerman itu.

Baca juga: HASIL Liga Champions - Chelsea ke Final, Thomas Tuchel Cetak Rekor Bersejarah

Pelatih kepala Chelsea di Jerman Thomas Tuchel melakukan selebrasi setelah gelandang Inggris Chelsea Mason Mount (tak terlihat) mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola semifinal leg kedua Liga Champions UEFA antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London pada 5 Mei 2021. Glyn KIRK / AFP (Glyn KIRK / AFP)

"Segalanya tampak sedikit berbeda di awal musim dan sekarang Chelsea berada dalam posisi yang bagus untuk mencapai final Liga Champions pertama mereka sejak 2012," jelas Ballack

"Chelsea terlihat sangat nyaman dan kuat, terutama di lini belakang, dengan 17 clean sheet secara keseluruhan sejak Thomas Tuchel tiba," tambahnya.

Hasil ini juga semakin mengukuhkan dominasi Chelsea atas Real Madrid, dari empat pertemuan sebelumnya The Blues tak pernah kalah lawan Los Blancos.

Dua kemenangan dan 2 hasil imbang, dan terakhir, kali pertama berlangsung di Stamford Bridge, Chelsea meraih kemenangan, di ajang Liga Champions/Piala Eropa.

Tak hanya Thomas Tuchel yang berhasil mencatatkan sejarah, kiper Chelse Edouard Mendy yang tampil gemilang menghalangi gol Real Madrid juga menorehkan catatan positif.

Edouard Mendy telah mencatat delapan clean sheet dalam 11 pertandingan Liga Champions musim ini, terbanyak dalam satu musim yang dilakukan oleh kiper tim Inggris dalam sejarah kompetisi, menurut statistik Opta.

Pelatih kepala Chelsea di Jerman Thomas Tuchel melakukan selebrasi setelah gelandang Inggris Chelsea Mason Mount (tak terlihat) mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola semifinal leg kedua Liga Champions UEFA antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London pada 5 Mei 2021. Glyn KIRK / AFP (Glyn KIRK / AFP)

Berita terkait Liga Champions

(Tribunnews.com/Sina)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini