News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga 1

Kasus Persipura Tak Datang ke Stadion Lawan Madura United, Komdis PSSI Bilang Begini

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Alfredo Vera mendampingi latihan Persipura Jayapura jelang melakoni salah satu pertandingan BRI Liga 1 2021.

Kasus Persipura Tak Datang ke Stadion Lawan Madura United, Komdis PSSI Bilang Begini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komdis (Komisi Disiplin) PSSI, Erwin Tobing mengatakan pihaknya menunggu laporan dari PT LIB terkait kasus Persipura Jayapura yang tidak hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali untuk melakoni laga tunda pekan ke-22 menghadapi Madura United, Senin (21/2/2022).

“Jadi belum diserahkan dari pihak LIB kepada saya, tapi begitu diserahkan saya akan langsung sidang,” kata Erwin Tobing saat dihubungi Tribunnews, Selasa (22/2/2022).

Erwin Tobing menjelaskan dalam sidang nanti pihaknya bakal mempelajari lebih detail mengapa Persipura tidak hadir di Stadion.

Baca juga: Kacau, Semua Pemain Persipura Tak Muncul di Lapangan, Laga Kontra Madura United Tak Dilanjutkan

Pemain Madura United menunggu Persipura Jayapura yang tak kunjung memasuki lapangan pada laga tunda pekan 22 BRI Liga 1 2021, Senin (21/2/2022) malam WIB. (Tangkapan layar laman resmi Vidio.com)

Baca juga: Sorotan Kondisi Arema FC Jelang Lawan Persebaya, 3 Penyerang Utama Absen, Singo Edan Tumpul?

Setelah mendapatkan apa sebabnya, pihaknya baru bisa menentukan hukuman apa yang akan dijatuhkan kepada Persipura Jayapura.

“Jadi kasus Persipura akan saya pelajari lebih dulu bagaimana Persipura mengajukannya penundaan itu. Kalau penundaan itu sebenarnya bisa-bisa saja tapi harus memenuhi persyaratan, terus apakah itu mendadak kemudian alasan mereka bisa diterima tidak? Itu dengan bukti dan fakta sekalian tidak asal bicara,” terang Erwin Tobing.

Baca juga: Sorotan Kondisi Persebaya Jelang Lawan Arema FC, Ke Mana Ricky Kambuaya? Taisei Marukawa Cedera?

“Mereka menunda boleh tapi harus memenuhi syarat dan benar dilihat dari jumlah pemain. Kalau memang ternyata betul (kurang) ya dikasih (penundaan-red) tapi kalau tidak ya tidak dikasih terus kalau tidak diizinkan lalu mendadak mereka langsung tidak datang itu menyalahi, ada aturannya,” lanjut dia.

“Jadi saya akan pelajari apa alasannya, oh alasannya kartu kuning banyak, sakit. Oke. Kita lihat ketentuan-ketentuan yang dipegang oleh LIB,” jelas Erwin.

Baca juga: Taisei Marukawa Bisa Cetak Rekor Double-Double di Laga Persebaya Vs Arema FC

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing dan Sekjen PSSI Yunus Nusi saat mengadakan konferensi pers terkait hebohnya pengaturan skor di sepakbola Indonesia, Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Berita Milan, Skenario Perburuan Berardi Korbankan Messias, Harga Pobega Naik 2 Kali Lipat

Sebelumnya, PT LIB menceritakan kronologi tim berjuluk Mutiara Hitam itu tak datang ke Stadion.

Persipura sebelumnya menuliskan surat permohonan pertandingan BRI Liga 1 Persipura vs Madura United yang bernomor 004/Persipura/II/2022. Surat tersebut tertanggal 20 Februari 2022.

Isi surat itu menjelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding usai menyebutkan hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan sembilan personel tim dinyatakan positif.

Terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain

Pada surat tersebut juga menyebutkan, “maka kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan Tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif Covid-19, maka Tim Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness.”

Baca juga: Berita Inter, Alasan Kocak Scamacca Tak Berselebrasi Seusai Cetak Gol, Nerazurri Juga Incar Frattesi

PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Satgas Covid-19 di BRI Liga 1 2021/2022 pun melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan bahwa hasil negatif : 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif : 6 pemain, 3 ofisial.

Dengan begitu, dalam surat yang dikirimkan LIB ke manajemen Persipura pada 21 Februari 2022 tersebut dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1  2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting, jadi pertandingan Persipura vs Madura United tetap bisa dilanjutkan,

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini