News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia 2023

Menpora Sebut Presiden Jokowi Setuju Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menpora Zainudin Amali bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai mengadakan konferensi pers terkait persiapan Asean Para Games 2022 di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Pada kesempatan itu, Menpora menyatakan Presiden Jokowi sudah memberi persetujuan agar Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Arahan presiden ini akan diteruskan ke PSSI untuk mengurus persyaratan ke AFC.

Menpora Sebut Presiden Jokowi Setuju Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah memberi persetujuan agar Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Setelah mendengar arahan Presiden Jokowi, Menpora Amali langsung meneruskan kepada PSSI agar bisa berkomunikasi dengan AFC untuk memproses pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, China yang sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 telah mengundurkan diri karena situasi pandemi covid-19 yang kembali meningkat.

Baca juga: Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Garuda Diadang Para Raksasa, Hadapi Murid STY?

Baca juga: Para Lawan di Piala Asia 2023 Lebih Kuat, Shin Tae-yong Isyaratkan Pakai Pemain Naturalisasi

Sejauh ini, sudah ada Jepang, Korea Selatan dan Australia yang turut mengajukan diri sebagai tuan rumah.

“Jadi ada permintaan, persetujuan dari PSSI untuk kita ajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia. Nah, apa yang disampaikan PSSI kepada saya kemudian saya laporkan ke Pak Presiden. Saya minta arahan Bapak Presiden, diizinkan tidak kalau kita ikutan mengajukan diri sebagai tuan rumah dan bapak presiden menyampaikan kepada saya silakan mengajukan diri tapi resminya itu kan harus federasi,” beber Menpora Amali di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

“Kemudian saya sampaikan ke PSSI dan sudah saya sampaikan hari ini mereka wakil ketua umum dan Sekjen akan menyampaikan surat dari PSSI ke AFC untuk menjadi tuan rumah Piala Asia karena ini jadi kesempatan yang bagus untuk kita jadi peserta sekaligus jadi tuan rumah, tapi bagi kita mau main di mana saja tidak ada masalah,” jelasnya.

Baca juga: Tak Cuma Wonderkid Vitesse, Dua Pemain Naturalisasi dari Belanda Ini Gabung Timnas U-19 Indonesia

Timnas Indonesia berhasil kembali berkancah di pentas Piala Asia pada 2023 mendatang. Keberhasilan Timnas Indonesia ini menjadi penanda kembalinya skuad Garuda ke ajang tersebut setelah 15 tahun absen sejak terkahir kali berkiprah pada 2007 silam. Tiket kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 berkat kemenangan 7-0 atas Nepal. Anak asuh Shin Tae-yong lolos dengan status runner-up terbaik. (twitter @PSSI)

Lebih lanjut Menpora Amali menjelaskan, bila Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia hal itu tidaklah sulit.

Terlebih, sebelum Piala Asia, Indonesia telah menggelar Piala Dunia U-20 2023.

“Kenapa kita setuju karena pelaksanaannya tidak terlalu jauh dari FIFA world cup u-20, itu kan sekitar 20 Mei – 11 Juni. Nah ini (Piala Asia) bulan Juli. Jadi kita masih dalam keadaan yang siap infrastrukturnya masih ada, kemudian juga SDM masih ada sehingga tidak terlalu sulit untuk kita melaksanakan. Itu poinnya,” jelas Menpora Amali.

Untuk skuad Timnas Indonesia sendiri, Indonesia juga sudah memastikan tampil di Piala Asia 2023 usai lolos sebagai runner-up terbaik pada grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini