News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan Bakal Berdampak Sanksi FIFA ke Piala Dunia U-20?

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penampakan tribun 12 (kanan) dan 13 (kiri) Stadion Kanjuruhan pascakerusuhan yang menelan banyak korban jiwa, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022). Sejumlah saksi mata mengatakan, tribun ini menjadi saksi bisu banyaknya korban suporter Aremania yang meninggal dunia usai laga sepak bola Liga 1 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. SURYA/PURWANTO

Tragedi Kanjuruhan Bakal Berdampak Sanksi FIFA ke Piala Dunia U-20?
 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang yang memakan korban jiwa lebih dari 100 orang mulai jadi sorotan dunia.

Pengamat sepakbola, Anton Sanjoyo menilai federasi sepakbola dunia, FIFA juga bakal turun tangan atas tragedi ini.

“Kalau lihat dari respons FIFA saya yakin pasti ada sanksi cuma sanksinya saya tidak bisa ukur karena FIFA sendiri sebenarnya dalam menerapkan sanksi itu melihat-lihat dulu kalau kejadiannya seperti di Brasil, Prancis mereka sangat concern tapi ini kejadian di Indonesia dan tapi korbannya banyak banget. Ini jadi citra FIFA kalau FIFA mau menegakkan citranya dia harus melakukan hukuman yang keras kepada Indonesia, hukuman yang keras kan macam-macam,” kata Anton saat dihubungi Tribunnews, Selasa (4/9/2022).

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan, Arema Bakal Disanksi Berat, Netizen: Degradasi! FIFA Bakal Banned Indonesia?

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali mengkhawatirkan tragedi ini justru akan berdampak kepada kepercayaan FIFA yang telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Namun, menurut Anton hal itu bukan lah jadi hal yang harus dikhawatirkan.

Anton justru khawatir kalau sanksi FIFA justru melarang Timnas Indonesia tampil di segala event di bawah naungan FIFA.

“Yang paling saya khawatirkan justru bukan tuan rumah Piala Dunia U-20 yang paling saya khawatirkan Timnas kita dan Timnas Kelompok umur tidak bola berpartisipasi di arena di bawah naungan FIFA, itu yang paling saya khawatirkan,” kata Anton.

“Itu direct, langsung terkait dengan sepakbola kita. Kalau kita dikucilkan dari dunia internasional kita tidak bisa ngukur seberapa jauh kita melangkah,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini