News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres Luar Biasa PSSI

Hasani Abdulgani Sebut FIFA Bakal Beri Restu KLB PSSI: Digelar Maret 2023

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Dia mengatakan ajuan PSSI soal percepatan Kongres Luar Biasa (KLB) akan diizinkan FIFA meski pengajuan KLB datang bukan dari pemilik suara melainkan murni usulan PSSI.

Hasani Abdulgani Sebut FIFA Bakal Beri Restu KLB PSSI: Digelar Maret 2023
 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hari ini, Senin (31/10/2022) PSSI berkirim surat ke FIFA untuk menginformasikan akan diadakan Kongres Luar Biasa (KLB).

Percepatan KLB PSSI diambil usia seluruh Exco PSSI mengadakan emergency meeting pada Jumat (28/10/2022).

Salah satu pertimbangan diambilnya keputusan percepatan KLB yakni agar kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 bisa bergulir kembali – sesuai dengan rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Baca juga: Anggota TGIF Cium Kejanggalan Percepatan KLB PSSI, Ada Peluang Iwan Bule Kembali Maju Mencalon 

Baca juga: Umuh Muchtar Kaget Iwan Bule Umumkan KLB, Bos Persib Desak Anggota Exco PSSI Juga Harus Diganti

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani pun membeberkan mekanisme digelarnya KLB seusai FIFA memberikan restu.

“Hari ini kan bersurat ke FIFA, kalau di statuta itu kan 60 hari itu kita adakan Kongres Biasa memilih KP (Komite Pemilihan) dan KBP (Komite Banding Pemilihan) karena kan KP dan KBP nya sudah bubar dari kongres sebelumnya,” kata Hasani saat dihubungi Tribunnews, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Usulkan KLB PSSI ke FIFA, Iwan Bule: Terpenting Kompetisi Berjalan Lagi

Anggota exco PSSI, Hasani Abdulgani saat mengikuti diskusi sepakbola di Pancoran Soccer Field, Jakarta, Rabu (25/8/2021). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Ali Sadikin Hingga Nurdin Halid Di-KLB, Mengapa PSSI Tak Membaik? Ini Kata Anggota Komite Etik FIFA

“Kami berangkat dari FIFA. Jadi surat itu kami bukan meminta tapi pemberitahuan (KLB) ke FIFA. Beda kalau tahun 2015 itu kan kisruh, kalau sekarang kan dengan tulus permintaan kami. Tapi ada dua versi ada yang datang dari pemilik suara,” jelas Hasani.

Hasani Abdulgani menambahkan dalam kaitan ini, kemungkinan FIFA akan memberikan banyak pertanyaan mengingat KLB bukan berasal dari suara pemilik suara (voters) melainkan dari PSSI langsung.

Baca juga: Respons Klub Liga 1 Soal Percepatan KLB PSSI, Ini Sikap Arema, Persebaya, Persis Solo, PSM Makassar

Ketua PSSI Mochamad Iriawan dan para Exco PSSI mengumumkan PSSI segera mempercepat Kongres Luar Biasa. (Tangkapan layar YouTube PSSI)

Seperti diketahui sesuai statuta PSSI, untuk digelarnya KLB harus bisa memenuhi 2/3 hak suara votes PSSI yang mengajukan KLB. Meskipun demikian, FIFA dipastikan tetap akan memberikan izin untuk KLB,

“Sekarang FIFA akan banyak bertanya kepada kami kan karena kalau ini datang dari kami sendiri. Jadi kemungkinan besar, 99 persen (FIFA) akan menyetujui lah,” kata Hasani.

“Ini kan kita bentuk KP dulu mungkin Januari atau Februari, dari KP itu baru 30 hari mengadakan KLB. Maret lah kurang lebih (KLB),” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini