News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres Luar Biasa PSSI

Pemerintah Tak Ikut Campur KLB PSSI, Menpora: Siapa Saja yang Mau Jadi Ketua Umum, Silakan

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menpora Zainudin Amali saat diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan pengurus KOBI di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Pemerintah Tak Ikut Campur KLB PSSI, Menpora: Siapa Saja yang Mau Jadi Ketua Umum Silakan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PSSI telah mengumumkan Kongres Luar Biasa (KLB) akan dipercepat dan akan digelar pada Maret 2023.

Menjelang KLB tersebut telah muncul sejumlah nama yang disebut-sebut sebagai pengganti Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Terkait hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kembali menegaskan bahwa pemerintah dalam hal ini Kemenpora tidak ikut campur dan tidak akan melakukan intervensi terhadap KLB PSSI.

Baca juga: Anggota TGIF Cium Kejanggalan Percepatan KLB PSSI, Ada Peluang Iwan Bule Kembali Maju Mencalon 

Baca juga: Iwan Bule Siap Lengser Lewat KLB PSSI, Menpora: Shin Tae-yong Tak Usah Lah Ikut Mundur dari Timnas

“Pemerintah tidak ikut campur, apalagi intervensi. Mau siapa saja yang ingin (jadi calon ketua umum) silakan saja, yang penting sesuai dengan mekanisme dan KLB yang sudah diumumkan PSSI ya dilaksanakan PSSI,” tegas Menpora Amali kepada wartawan di Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Seperti diketahui, PSSI memberikan laporan kepada FIFA bahwa Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) akan digelar pada 18 Maret 2023.

Dalam laman PSSI, laporan tersebut dituangkan PSSI dalam surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi. Surat itu ditujukan kepada Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura.

Baca juga: Pengurus Tak Ada yang Mundur, Kok PSSI Gelar Kongres Luar Biasa? Pengamat: FIFA Pasti Menolak

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pernyataan terkait hasil rapat Exco PSSI yang akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). (tangkap layar YouTube PSSI)

Sebelum KLB, PSSI juga memberitahukan kepada FIFA bahwa akan ada kongres untuk menetapkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 7 Januari 2023.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan KLB dipercepat sesuai tahapan organisasi.

“(PSSI) memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi,” kata Iriawan.

“Tahapan Kongres Luar Biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres,” jelasnya.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini