News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tingkatkan Kualitas Sepakbola Indonesia, Ketum PSSI Tanda Tangan MoU Dengan Jepang

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir baru saja rampung menandatangani kerja sama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA) melalui Presiden JFA, Tashima Kozho, Jepang, Senin (22/5/2023).

Kerja sama ini dilakukan guna meningkatkan sepakbola Indonesia.

Hal-hal yang akan dibantu oleh Jepang untuk kita antara lain pembenahan kualitas kompetisi, sepakbola wanita hingga wasit.

“Mudah-mudahan kerjasama yang baik buat sepakbola Indonesia. Pertama kita kan fokus kerja sama dengan Jepang untuk Timnas putri. Kita tahu Timnas Putri Jepang punya rekor juara di u-16, u-20 dan juara dunia. Ini yang saya Minta pelatih jepang untuk bisa melatih Timnas putri Indonesia,” kata Erick seusai tanda tangan kerja sama dengan federasi Jepang.

“Kita juga mendorong benchmarking manajemen Timnas, Liga kita dan yang paling penting wasit. Wasit kita akan pakai pemimpin wasit dari jepang,” sambungnya.

Sebelumnya, Exco PSSI Arya Sinulingga menjelaskan kerja sama lainnya yang terbangun antara PSSI dengan JFA yakni pembangunan fasilitas pemusatan latihan atau TC.

Pembangunan TC Timnas Indonesia di IKN nantinya akan turut dibantu Jepang.

“Kita juga kerja sama dengan urusan fasilitas sepakbola karena kita tahu sebentar lagi kita akan bangun TC di IKN. Pak Erick juga sudah melihat TC Jepang, apa saja yang di sana, ini jadi acuan kita tentu supaya TC yang kita bangun IKN nanti bisa standar kita juga,” ujar Arya.

Sementara kerja sama mengenai wasit, akan dipakai untuk membantu menerapkan Video Assistant Referee (VAR) yang rencana akan digunakan pada pertengahan Liga 1 musim 2023/2024.

“Ini poin yang sangat penting yaitu kerja sama perwasitan karena kita tahu Pak Erick akan memanfaatkan VAR di Liga 1 mulai pertengahan musim. Kerja sama dengan FIFA dan kita butuh wasit-wasit yang punya standar yang baik, maka kita akan kerja sama dengan jepang,” jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini