News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia U23

Jadwal Drawing Piala Asia U23 Qatar 2024, Ajang Pembuktian Timnas Indonesia Usai Emas SEA Games

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Dwi Setiawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jadwal drawing kualifikasi Piala Asia U23 Qatar 2024 akan berlangsung di Gedung Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (25/5/2023) pukul 14.00 WIB. - Timnas U22 Indonesia sedang berfoto bersama jelang pertandingan terkahir grup A SEA Games 2023 kontra tuan rumah Kamboja, Rabu (10/5/2023) malam WIB.

TRIBUNNEWS.COM - Jadwal drawing kualifikasi Piala Asia U23 Qatar 2024 akan berlangsung di Gedung Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (25/5/2023) besok.

Rencananya, drawing grup kualifikasi Piala Asia U23 2024 dijadwalkan mulai pukul 15.00 waktu Malaysia atau pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 43 kontestan Piala Asia U23 2024 bersiap untuk mendapatkan 16 tiket playoff ke babak utama yang berlangsung di Qatar pertengahan tahun mendatang.

Untuk kualifikasi Piala Asia U23 akan dilaksanakan mulai 4-12 September yang akan terselenggara di 11 negara, satu di antaranya di Indonesia.

Baca juga: Jadwal Kualifikasi Piala Asia U23: Predikat Tuan Rumah, Timnas Indonesia Belum Tentu Lolos

Link live streaming Drawing Kualifikasi Piala Asia U23:

Link <<<

Kualifikasi Piala Asia U23 Qatar

Sebanyak 43 kontestan (tim) Piala Asia U23 akan terbagi dalam 11 grup dengan format round-robin tunggal di tempat yang terpusat.

Masing-masing grup akan terisi oleh empat tim, di mana pemuncak klasemen grup berhak mendapatkan tiket putaran final (16 tim) yang akan berlangsung di Qatar.

Empat tiket yang tersisa akan diperebutkan oleh tim peringkat 2 terbaik, serta satu tim tuan rumah yang akan dimainkan antara 15 April hingga 3 Mei 2024.

Untuk drawing besok, pembagian tim kontestan diurutkan dari peringkat AFC U23 Asian Cup Uzbekistan 2022 yang terbagi dalam 4 pot di luar tim tuan rumah.

Sebelas tim yang akan menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U23 nanti adalah Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Uzbekistan, dan Vietnam.

Mereka akan ditempatkan di pot yang sama dan diundi ke dalam grup terpisah di awal kompetisi.

Untuk diketahui, kualifikasi Piala Asia U23 Qatar ini menjadi bagian kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Timnas U22 Indonesia sedang berfoto bersama jelang pertandingan terkahir grup A SEA Games 2023 kontra tuan rumah Kamboja, Rabu (10/5/2023) malam WIB. (PSSI.org)

Pembagian pot kualifikasi Piala Asia U23 Qatar 2024

Pot 1: Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab

Pot 2: Republik Islam Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Republik Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor-Leste, Tionghoa Taipei, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, Tiongkok, Maladewa, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, DPR Korea, Guam, Makau, Pakistan, Qatar

Pot Tuan Rumah: Bahrain, Tiongkok PR, Indonesia, Yordania, Republik Korea, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, Vietnam

Ranking kontestan Piala Asia U23

1-11: Arab Saudi, Uzbekistan, Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Vietnam, Republik Korea, Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab

12-22: Republik Islam Iran, Kuwait, Malaysia, Tajikistan, Bahrain, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura, Indonesia

23-33: Republik Kyrgyzstan, Palestina, Yaman, Timor-Leste, Tionghoa Taipei, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, Tiongkok, Maladewa, Oman

34-35 + tanpa peringkat: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Tiongkok PR, DPR Korea, Guam, Makau, Pakistan + Qatar

Pembuktian Garuda Muda

Kualifikasi Piala Asia U23 seakan menjadi ujian berikutnya yang harus dilalui oleh Rizky Ridho dan kolega setelah meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Kesuksesan tersebut menjadi yang pertama setelah menunggu 32 tahun karena Timnas Indonesia terakhir kali meraih medali emas SEA Games pada tahun 1991 di Manila, Filipina.

Mereka yang menjadi bagian dari kesuksesan tersebut bersar kemungkinan akan melakoni laga kualifikasi.

Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan skuad Garuda Muda oleh Indra Sjafri selaku juru taktik Timnas U23 Indonesia.

Hal itu merujuk pada regulasi SEA Games 2023 yang sama dengan Piala Asia U23 2024. Satu di antaranya adalah pemain dengan kelahiran 1 Januari 2001 atau setelahnya yang bisa tampil.

Sejauh ini, Indonesia sudah tampil dalam 3 kesempatan di babak kualifikasi Piala Asia U23, tetapi belum pernah melaju hingga babak putaran final (16 besar).

Pada tahun 2014 di Indonesia, skuad Garuda U22 hanya mampu finis di peringkat 3 klasemen setelah kalah bersaing dari Australia dan jepang.

Lalu tahun 2016 saat AFC merubah regulasi menjadi U23, Timnas Indonesia juga kalah memperebutkan tiket putaran final.

Timnas Indonesia mampu menang dari Timor Leste dan Brunei dengan skor meyakinkan saat itu, tetapi kalah telak dari Korea Selatan di SUGBK.

Hasilnya, Timnas U23 Indonesia finis di peringkat 2 dan gagal bersaing mendapatkan tiket dari jalur runner-up terbaik.

Dan terakhir pada tahun 2017, Indonesia lagi-lagi belum beruntung karena mengalami kekalahan di laga pertama dari Malaysia.

Skuad Garuda sempat menang mutlak dari Mongolia dan imbang tanpa gol menghadapi tuan rumah Thailand.

(Tribunnews.com/Sina)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini