News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia U23 2024

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Yordania U-23: Menanti Magis Strategi Shin Tae-yong

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada lanjutan Grup A Piala Asia U23 2024, Kamis (18/4/2023) malam WIB.

Indonesia U-23 Bisa Kalahkan Yordania U-23

Oleh Firman Utina

Mantan Pemain TImnas Indonesia

TIMNAS Indonesia U-23 sekarang menurut saya sudah lebih bagus karena banyak ditopang pemain-pemain muda yang memang sudah disiapkan oleh coach Shin Tae-yong seperti Marcelino, Witan, Rizki Ridho terus ditambah juga pemain-pemain baru ada Justin Hubner, Ivar Jenner dan lainnya.

Jadi ya lebih terlihat bahwa Timnas U-23 punya roh untuk bermain di pertandingan di kelas Piala Asia ini.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 Bersiap Libas Yordania: Ramadhan Sananta Absen Dua Laga, Ivar Jenner Tampil

Di sisi lain tim kepelatihan Shin Tae-yong juga sangat baik, mulai dari tim analisis, staf pelatih, asisten pelatih. Mereka sangat jeli dalam melihat tim ini dan juga sangat baik dalam membaca lawan.

Jadi saya rasa dengan kita melihat hasil Indonesia bisa mengimbangi Australia kemarin bahkan bisa memenangkan pertandingan, ya harusnya bisa lebih gampang untuk menghadapi Yordania

Saya yakin besok bisa menang karena beberapa pemain kita pemain muda berpengalaman terus komposisi pemain-pemainya.

Starting IX terus strategi banyak, formasi yang dibuat coach Shin Tae-yong itu buat lawan tertipu kadang pakai 4-3-3, terkadang 3-4-3, terkadang main 5-3-2.

Jadi banyak variasi yang dibuat Shin Tae-yong sehingga di grup ini lawan-lawan termasuk Australia kebingungan. Melawan Qatar kita pakai strategi ini, tidak tahunya begitu lawan Australia formasinya berubah.

Nah, jadi ini salah satu juga strategi yang dibangun coach Shin Tae-yong dan stafnya, ditopang juga dengan pemain-pemain yang sangat paham dengan cara bermain coach Shin Tae-yong, bahwa mereka pemain-pemain muda yang sudah lama ikut Shin Tae-yong karena sangat sulit membangun tim seperti ini kalau tidak pupuk dari awal.

Soal kondisi pemain, saya melihat bahwa faktor fisik memang baik karena ditopang program latihan fisik yang baik tapi menurut saya percuma juga kita punya fisik bagus tapi visi bermainnya tidak punya.

Selebrasi bek Timnas Indonesia, Komang Teguh saat melawan Australia pada lanjutan Grup A Piala Asia U23 2024, Kamis (18/4/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Visi pemain bagus ditopang pemain berpengalaman, mentality bagus, otomatis fisik akan mendukung hal itu. Kalau kita hanya andalkan fisik lari sana, lari sini tanpa  arah, kalau ktia tidak punya strategi, taktik yang dibangu oleh pelatih saya rasa sangat sulit.

Saya rasa Timnas sekarang walaupun persiapan sangat sempit dan banyak gonjang-ganjing pemain tapi yang saya lihat para pemain yang berangkat sekarang ini adalah para pemain yang sudah tahu bagaimana cara bermain coach Shin Tae-yong.

Begitu juga coach shin tae-yong memilih pemain-pemain yang berangkat ini karena dia sudah lihat, dengan komposisi pemain-pemain seperti ini saya bisa bermain berapa macam taktik yang bisa dibangun.

Tim ini pondasinya sudah sangat bagus tapi saya berharap kedepan jangan melupakan fondasi mulai dari bawah yang harus kita banguyn lagi, termasuk pembeinana yang berjenjang atau pemain muda yang berjenjang untuk di level-level mana mereka akan bermain.

Kita juga harus bangun itu, kan sekarang ibaratnya fondasi sudah jadi, sudah berjalan, kita lanjutkan dan kita juga jangan lupa untuk menyiapkan regenerasi berikut sehingga kedepan kualitasnya bisa sama atau lebih baik lagi. Jadi kalau satu hilang, ada satu lagi pemain baru dan lebih baik. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini