News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia U23 2024

Lolos 8 Besar Piala Asia U23 2024, Timnas Indonesia Sehati dengan Prestasi Malaysia 6 Tahun Silam

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Timnas Indonesia sehti Malaysia jika lolos 8 besar Piala Asia U23 - Starting eleven Timnas U23 Indonesia saat mengalahkan Australia 0-1 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U23 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Ada prestasi Malaysia enam tahun silam yang bisa diikuti oleh Timnas Indonesia, dengan catatan lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024.

Timnas Indonesia menatap sejarah baru untuk melaju ke 8 Besar Piala Asia U23 2024.

Malam ini, Minggu (21/4/2024), Timnas Indonesia akan melakoni laga hidup mati melawan Yordania di Abdulla Bin Khalifa Stadium pukul 22.30 WIB.

Syaratnya minimal Timnas Indonesia lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024 ialah menahan imbang Yordania. Dengan demikian, Timnas U23 Indonesia akan mengemas empat poin.

Selebrasi bek Timnas Indonesia, Komang Teguh saat melawan Australia pada lanjutan Grup A Piala Asia U23 2024, Kamis (18/4/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Meski Australia bisa memiliki perolehan poin sama (4), dengan catatan mengalahkan Qatar, Timnas U23 Indonesia lah yang berhak lolos ke babak 8 besar.

Hal ini dikarenakan Timnas U23 Indonesia menang dalam urusan head to head.

Nantinya Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan melawan juara Grup B di babak perempat final.

Kini yang menjadi pertanyaan, apakah Indonesia menjadi tim ASEAN pertama yang berstatus debutan lolos ke babak perempat final di sepanjang sejarah Piala Asia U23?

Jawabannya tidak. Dirangkum dari laman resmi AFC, tim Asia Tenggara pertama yang menorehkan prestasi tersebut adalah Harimau Malaya muda.

Malaysia menjadi tim ASEAN pertama berstatus debutan dan berhasil lolos ke 8 besar Piala Asia U23. Prestasi itu diukirnya pada edisi 2018.

Malaysia bersama Palestina di Piala Asia U23 2018 merupakan pendatang baru.

Harimau Malaya yang tergabung di Grup C bersama Irak, Yordania dan Arab Saudi, mengakhiri fase grup sebagai runner-up.

Baca juga: Piala Asia U23 2024 - Sejarah Pertemuan Timnas Indonesia vs Yordania, Garuda Punya Catatan Minor

Dia membukukan empat poin dari tiga pertandingan, dan berhak mendampingi Irak lolos ke perempat final saat itu. Berselang enam tahun, situasi serupa juga dialami Timnas U23 Indonesia.

Skuad asuhan Shin Tae-yong di grup A, duduk di peringkat kedua bermodal empat poin. Marselino Ferdinan cs juga akan membukukan 4 poin untuk lolos ke 8 besar jika bermain imbang kontra Yordania.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini