News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia U23 2024

3 Cara Agar Timnas U23 Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris Usai Kalahkan Timnas U23 Korsel

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Starting eleven Timnas U23 Indonesia saat mengalahkan Australia 0-1 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U23 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Timnas U23 Indonesia berhasil mengalahkan Timnas U23 Korsel pada semifinal Piala Asia U23 di  Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari tadi.

Kemenangan ini membuka lebar peluang Timnas U23 Indonesia bisa mengikuti pesta olahraga terbesar dunia Olimpiade 2024 di Paris akhir Juli mendatang.

Jika Garuda Muda mampu melaju ke final Piala Asia U-23 2024 maka mereka otomatis akan mendapatkan satu tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Sejarah baru pun tercipta karena ini akan menjadi kali pertama Garuda Muda tampil di final Piala Asia U23 sekaligus Olimpiade.

Meski demikian, peluang lolos ke Olimpiade Paris masih terbuka meskipun harus terhenti di babak semifinal.

Pasalnya, tim dengan status peringkat ketiga terbaik di Piala Asia U23 2024 juga akan lolos otomatis ke Olimpiade.

Sementara itu, pemenang peringkat keempat masih memiliki kesempatan untuk tampil di Olimpiade dengan catatan harus melewati babak play-off.

Timnas U23 Indonesia jelas punya peluang besar untuk mencetak sejarah tampil perdana di cabor sepak bola Olimpiade yang edisi kali ini akan berlangsung di Paris.

Di semifinal Piala Asia U23, Indonesia tinggal menantikan lawan antara Uzbekistan atau Arab Saudi yang baru akan bertanding pada Sabtu (27/4) dinihari WIB.

Setelah menciptakan kejutan dengan mengalahkan tim-tim besar seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan, Garuda Muda tentu harus menargetkan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Cara Indonesia lolos ke Olimpiade 2024

  1. Bisa mengalahkan Uzbekistan atau Arab Saudi di semifinal untuk lolos ke final Piala Asia U-23 2024. Seperti diketahui Arab Saudi Vs Uzbekistan akan bermain malam ini menentukan siapa yang akan melaju ke semifinal melawan Indonesia.
  2. Jika Indonesia kalah dari Uzbekistan atau Arab Saudi Indonesia bisa lolos ke Olimpiae jika memenangkan juara ketiga.
  3. Jika di  semifinal kalah pada perebutan tempat ketiga maka Indonesia di posisi keempat. Indonesia masih bisa mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Paris dengan syarat harus memenangkan laga playoff interkontinental melawan wakil Afrika yaitu Guinea

Striker Timnas U23 Indonesia Rafael Struick berharap bisa lolos ke Olimpiade Paris.

"Halo semua, hari ini kami mengalahkan Korea Selatan dan melaju ke semifinal. Ayo menuju Paris (Olimpiade) dan tuliskan sejarah lagi," tutur Rafael Struick, dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi Timnas Indonesia.

"Terima kasih suporter," ujar pemain yang kini memperkuat klub Belanda, ADO Den Haag itu.

Harapan Jokowi Lolos ke Olimpiade

Sementara Presiden Joko Widodo memberikan semangat kepada Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia U-23 yang akan menghadapi laga semifinal di Piala Aisa AFC 2024.

Presiden pun mendoakan agar dalam laga tersebut Timnas bisa bermain sebaik-baiknya sehingga mampu lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Selamat kepada timnas Garuda Muda! Semoga dalam babak semifinal, Indonesia dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dan meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!" ujar Jokowi dalam unggahan di akun resmi media sosial X @jokowi pada Jumat (26/4/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini