News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Profil dan Sosok

Sosok Shen Yinhao yang Anulir Gol Ferarri, Laga Timnas Indonesia vs Uzbekistan Banjir Kontroversi

Penulis: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wasit asal China Shen Yinhao ditunjuk sebagai wasit utama pada laga Semifinal Piala Asia U23 2024 antara Timnas Indonesia vs Uzbekistan pada Senin (29/4/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Sosok Shen Yinhao, wasit utama yang memimpin semifinal Piala Asia U23 2024 antara Timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan. Perebutan tiket Final Piala Asia U23 2024 Timnas Indonesia vs Uzbekistan banjir kontroversi.

Berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024), Timnas U23 Indonesia sempat mencetak gol ke gawang Uzbekistan pada menit ke-61'.

Adalah Muhammad Ferarri yang menorehkan namanya di papan skor. Sayang, lesakan pemain muda Persija Jakarta ini justru dianulir wasit Shen Yinhao.

Proses gol Muhammad Ferarri terjadi setelah umpan dari sisi kiri permainan Timnas Indonesia yang dilepaskan Pratama Arhan, menciptakan kemelut.

Duel terjadi antara penyerang Timnas U23 Indonesia, Ramadhan Sananta dengan bek Uzbekistan. Bola pantulan yang jatuh di kaki Ramadhan Sananta, dioper ke Muhammad Ferarri.

Sekali keeping, pemain bertahan Timnas U23 Indonesia ini sukses menceploskan bola ke gawang Uzbekistan.

Namun Shen Yinhao kemudian menahan lebih dulu untuk menyatakan lesakan Muhammad Ferarri sah. Dia melakukan pengecekan VAR.

Setelah melakukan pengecekan VAR, wasit asal China itu menganulir gol Timnas Indonesia dengan dalih proses lesakan Muhammad Ferarri terjadi offside lebih dulu.

Di sisi lain, kontroversi keputusan Shen Yinhao juga terjadi di babak pertama. Di 45' menit pertama laga Timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan, ada sejumlah insiden yang berpotensi penalti.

Termasuk pelanggaran Witan Sulaeman (27') dan Marselino Ferdinan (40') yang berpotensi besar untuk hadiah sepakan 12 pass bagi skuad Garuda.

Tak heran jika ragam keputusan kontroversi dari Shen Yinhao menimbulkan kegeraman dari pecinta sepak bola Indonesia yang tertumpah di media sosial X (Twitter).

Baca juga: Live Skor Timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan: 0-1, Gawang Ernando Jebol, Gol Ferarri Dianulir VAR

Lantas seperti apa sosok dan profil Shen Yinhao?

Dirangkum dari laman Transfermarkt, Shen Yinhao adalah wasit asal China yang lahir di Shanghai pada 6 November 1986.

Karier wasit berusia 37 tahun itu terbilang cemerlang. Dilansir dari situs yang sama, Shen Yinhao telah mendapat lisensi wasit FIFA pada 2018.

Pada 2024, dia dipercaya menjadi wasit untuk pertandingan Nepal vs Yaman dan Palestina vs Bangladesh di Kualifikasi Piala Dunia Asia.

Pada pertandingan Nepal vs Yaman, Shen Yinhao mengeluarkan 3 kartu kuning. Sementara pada pertandingan Palestina vs Banglades, ia mengeluarkan 2 kartu kuning.

Sepanjang 2023-2024, Shen Yinhao telah ditunjuk menjadi wasit untuk Piala AFC, Liga Super China, dan Piala Asia U23 2024.

Di perhelatan Piala Asia U23 2024, wasit asal China itu memimpin pertandingan antara Thailand dan Arab Saudi. Dia mengeluarkan 4 kartu kuning selama pertandingan yang digelar pada 19 April 2024 itu.

(Tribunnews.com/Giri)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini