News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tonton Laga Persija vs Persis, Shin Tae-yong Bicara Peluang JIS Jadi Kandang Timnas Indonesia

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ditemui di Lapangan A Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sore WIB.

Tonton Laga Persija vs Persis, Shin Tae-yong Bicara Peluang JIS Jadi Kandang Timnas Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bicara soal peluang timnya bermain di Jakarta International Stadium (JIS).

Pelatih asal Korea Selatan itu sebelumnya pernah datang langsung ke JIS untuk menyaksikan laga Persija Jakarta kontra Persis Solo, dalam  pekan ketiga Liga 1 2024/25, Sabtu (24/8/2024).

Shin Tae-yong datang langsung ke JIS untuk memantau para pemain guna dipanggil ke Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Skuad Garuda akan melakoni putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pelatih berusia 53 tahun itu mengakui jika stadion berkapasitas 70 ribuan penonton itu memang memiliki fasilitas yang baik.

"Untuk JIS, stadionnya memang bagus," ungkap Shin Tae-yong, kepada awak media di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Kendati demikian, di balik hal tersebut, Shin Tae-yong menyebut jika stadion itu belum bisa dipakai Timnas Indonesia karena fasilitas pendukung yang belum memadai.

Dia pun menyebut jika segala faktor penunjang sudah memadai, maka bukan hal mustahil Skuad Garuda bermain di JIS.

"Tetapi masalah transportasi dan lain-lain (masih ada). Intinya itu saja yang mungkin perlu diperbaiki supaya (JIS) bisa jadi stadion yang baik buat (kandang) Timnas Indonesia," ungkap Shin Tae-yong.

Sebagai catatan, wacana JIS menjadi kandang Timnas Indonesia sebelumnya memang sudah sempat dibahas.

JIS sebelumnya sempat akan dijadikan venue laga Timnas Indonesia melawan Curacao 27 September 2022.

Sayangnya, pada saat itu, berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS memang belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Hal tersebut terkait dengan area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang menumpuk di zona barat dan utara.

Bahkan concourse timur pada saat itu belum dapat digunakan.

Perimeter tribune juga perlu pengkajian ulang dan sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion dinilai belum sesuai standar.

"Ini hanya masalah waktu saja. Cepat atau lambat, JIS akan menjadi tempat bagi timnas berlaga. Apakah untuk senior, tim U-23, U-20, maupun U-16," ungkap Sekjen PSSI, Yunus Nusi, 13 September 2022 silam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini