News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Arya Sinulingga Balas Sindiran Peter Gontha soal Pemain Naturalisasi: Ada Aja yang Berusaha Gembosi

Penulis: Abdul Majid
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, berfoto bersama dengan dua calon pemain naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. 

Laporan Wartawan Tribunnews,com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga turut menjawab pernyataan kontroversial yang dikeluarkan oleh Peter Gontha.

Melalui akun Instagram pribadinya, Eks Dubes RI untuk Polandia itu mengaku galau dengan kondisi skuad Timnas Indonesia saat ini yang banyak dihuni pemain naturalisasi.

Salah satu pernyataannya yakni soal pemain naturalisasi yang hanya sementara karena mereka mempunyai dua paspor dan setelah tak lagi main untuk Indonesia mereka akan lepas status WNI.

“Kita ini bingung ya ketika timnas kita berjuang hasilnya baik, membawa merah putih, semuanya bersatu rakyatnya mendukung. Bisa dilihat tuh antusias rakyat juga besar karena Timnas Merah Putih kita bisa berkibar, rasa kebangsaan kita juga besar. Eh, ada aja orang yang berusaha untuk menggembosinya gitu dan dengan isu yang kadang-kadang tidak jelas. Kok bisa seperti itu terjadi,” kata Arya Sinulingga, Kamis (12/9/2024).

Soal pemain naturalisasi, Arya Sinulingga menjelaskan bahwa mereka mempunyai darah Indonesia.

Mereka juga sudah melalui proses naturalisasi dan mendaftarkan ke FIFA untuk perpindahan federasi dari negara sebelumnya.

Arya Sinulingga pun mengaku bingung ada orang yang mempertanyakan soal pemain naturalisasi.

“Saya jelaskan nih yang pasti pemain diaspora tuh mereka itu punya darah Indonesia. Bahkan, ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia asli, kok bisa-bisa mempertanyakan mereka gitu dan kebangsaan mereka.

Baca juga: Isu Naturalisasi Ramai Lagi, Cristian Gonzales Ungkit Perjuangan Demi Bela Timnas Indonesia

Mereka sudah kita urus sesuai dengan hukum kita, mereka mendapatkan kewarganegaraan kemudian mereka juga kita bawa nih ke FIFA pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasi Indonesia,” terang Arya.

Soal paspor yang jadi pertanyaan, Arya memastikan bahwa para pemain naturalisasi hanya mempunyai satu paspor, yaitu Indonesia.

Sedangkan soal generasi pemain Timnas Indonesia, Arya juga menyinggung pembinaan Timnas Indonesia kelompok usia Indonesia yang sudah berjalan dengan baik dan banyak menorah prestasi.

“Ada tadi tanya paspornya? Dan yang pasti ketika masih Indonesia mereka pakai paspor Indonesia dan ketika keluar mereka juga pakai paspor Indonesia. Sudahlah, tidak usah bawa kontroversi yang tidak benar gitu,” ujar Arya.

“Kalau dibilang bahwa masalah pembinaan usia dini, hei lihat Timnas U-16 kita itu gimana kemarin di Bandung, kemudian U-19 kita jura AFF. Artinya ini rekreasinya bagus, U-23 kita itu pun sampai ke semifinal bahkan sampai main ke Paris untuk play off Olimpiade,”

“Pastinya tahapan muda sampai senior ini berjalan. Jadi tolong ayo kita bangga dengan timnas kita, bangga dengan merah putih, jangan cari alasan dan mengaburkan sesuatu yang sudah baik bagi bangsa kita,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini