News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Fans Fanatik Sepak Bola di Indonesia Jadi Salah Satu Alasan Elinao Ingin Jadi WNI

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

caption: Pimpinan Rapat Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat membacakan persetujuan proses naturalisasi  Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dalam rapat bersama PSSI dan Kemenpora di Gedung Nusantara 1 DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024), Tribunnews/Abdul Majid

Fans Fanatik Sepak Bola di Indonesia Jadi Salah Satu Alasan Elinao Ingin Jadi WNI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAElinao Reijnders yang berada di Belanda turut hadir melalui zoom atau daring dalam rapat dengar pendapat proses naturalisasi bersama Komisi X DPR RI di Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sementara Mees Hilgers tidak bisa hadir secara daring karena malam ini dijadwalkan tenga bersiap untuk membela klubnya, FC Twente.

Dalam kesempatan tersebut, Elinao sempat menjelaskan kepiawaian dirinya dalam bermain bola kepada pimpinan Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian dan anggota Komisi X DPR RI.

“Ya, saya bisa bermain di berbagai posisi berbeda, saya senang bermain di tim ini, bersama rekan satu tim saya (di Timnas Indonesia),” kata Eliano.

“Saya banyak bermain di Belanda jadi saya coba membantu tim ini mencapai (piala dunia),” sambungnya.

Lebih lanjut, pemain berdarah Indonesia 23 tahun tersebut mengatakan salah satu alasan dirinya ingin menjadi Warga Negara Indonesia lantaran Indonesia mempunya suporter yang sangat fanatik pada sepak bola.

Hal itu menurutnya berbeda dari negara kelahiran, Belanda.

“Perbedaan besar dari Indonesia, Indonesia adalah negara yang besar dan sangat mencintai sepak bola. Di Belanda orang banyak yang suka sepak bola tapi juga banyak juga yang suka dengan olahraga lainnya,” kata Eliano.

“Suporter di sini sangat bagus, suporter memenuhi Stadion. Saya melihat ketika Indonesia melawan Australia, banyak orang yang senang dengan hasil itu, Timnas main baik dan kita sekarang dapat dua poin,”

“Saya juga melihat mereka senang di sosial media, jadi ya kami akan lakukan yang lebih lagi,” pungkasnya.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI,  Mess Hilgers dan Eliano giliran melalui proses naturalisasi rapat paripurna, kemudian Keppres, pengambilan sumpah, buat paspor/KTP dan terakhir perpindahan federasi.

Proses naturalisasi kedua pemain tersebut dikebut guna bisa tampil memperkuat skuad Garuda pada pertandingan away kontra Bahrain dan Cina (10 & 15 Oktober 2024) dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia grup C.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini