News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bianginovasi.com Wadahnya Kaum Inovator Pamer Inovasi

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Herris Satya (tengah) dan Yoris Sebastian (kanan) saat peluncuran website dan buku biang inovasi di jakarta, Selasa (9/12/2014)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kisah menginspirasi, seperti Babab Dito melalui karya tongsis mendorong Herris Satya dari PT Perada Swara Production menghadirkan situs BIANGINOVASI.COM.

"Indonesia punya banyak sekali orang-orang kreatif yang mampu berinovasi, maka alangkah baiknya jika dibuatkan suatu wadah untuk saling menularkan semangat dan inspirasi agar muncul lebih banyak lagi BIANG INOVASI,” ujar Herris saat peluncuran situs itu di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi mulai dari sumber inspirasi, pustaka inovasi, hingga bagaimana mewujudkan inovasinya menjadi produk jadi yang dapat dikonsumsi pasar.

Di dalam kanal “MAKE IT HAPPEN”, para pengguna website dapat menghubungi para ahli di berbagai bidang yang dapat mengarahkan para inovator lokal dalam proses berinovasi seperti ahli di bidang design produk, marketing, serta HKI.

Beberapa mitra ahli yang bergabung adalah Leonard Theosabrata dari Indoestri, Handoko Hendroyono dari Jakarta DO.ART, dan Erick Saropie dari DITJEN HAKI. Di dalam website ini pun para pengguna dapat saling berbagi lewat kolom komentar yang ada di setiap artikel yang dimuat.

"Ke depannya, kami ingin membangun generasi yang kreatif dan inovatif, mungkin dengan mengadakan kompetisi atau mengembangkan terus website www.bianginovasi.com," kata Herris.

Selain hadir dalam bentuk website, BIANG INOVASI pun hadir dalam bentuk buku yang ditulis oleh Yoris Sebastian. Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Keep Your Lights On! (2011) yang dikembangkan dengan berbagai studi kasus tentang kreativitas anak bangsa yang sudah berkembang menjadi inovasi, seperti Stapack.

Yoris mengatakan, buku dan website dengan judul yang sama, diharapkan akan lebih banyak lagi inovasi karya anak bangsa yang bukan sekedar berdampak positif di Indonesia namun juga di dunia.

"Buku walau bisa membagikan inspirasi positif namun tidak bisa diakses oleh banyak orang. Lewat website BIANGINOVASI.COM diharapkan akses lebih terbuka luas untuk memberi inspirasi," katanya.

Dengan demikian, akan menghasilkan lebih banyak inovasi lagi dan tak lupa memberi info bagaimana pentingnya HKI (Hak Kekayaan Intelektual). "Karena Indonesia, pada dasarnya sudah dikaruniai banyak sekali Inovator-inovator yang kreatif dan potensial,” katanya.

Tak pernah kehabisan ide, halaman depan buku BIANG INOVASI pun sengaja di desain untuk mendorong kreativitas pembaca lewat tulisan.

Tepat di bawah judul buku, terdapat ruang kosong dimana pembaca dapat menuliskan nama atau pesan kreatif. Pembatas buku pun didesain berlubang agar pembaca bisa lebih jeli melihat suatu barang dan berfikir kreatif untuk menambahkan nilai dan fungsi barang tersebut. Inilah yang menjadi inti dari semangat berinovasi.

Dalam acara peluncuran website dan buku BIANG INOVASI ini turut pula hadir Erick Saropie, perwakilan Direktorat Jendra Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) yang menjelaskan pentingnya hak paten untuk setiap ide dan inovasi. Perlindungan hak cipta pun dapat diproses dengan mudah dan cepat melalui sistem online.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini