News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tahun Ini E-Commerce Indonesia Diyakini Semakin Berkembang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana Peresmian Kantor Baru Bukalapak.com di Kemang, Jakarta, Selasa (12/1/2015). Sebagai salah satu pemain e-commerce Indonesia, Bukalapak.com percaya diri menghadapi tantangan di tahun 2016.

TRIBUNNEWS.COM – E-Commerce Indonesia diyakini semakin berkembang beberapa tahun mendatang. Setidaknya beberapa hal tercatat menjadi indikator, yakni pengguna internet yang semakin besar, pertumbuhan berbagai macam situs e-commerce, ekosistem yang semakin mantap, hingga kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan berbagai pihak.

Rasa optimisme itu terungkap dalam peluncuran kantor baru sekaligus perayaan ulang tahun ke-6 salah satu e-commerce Indonesia, Bukalapak.com.

Dalam acara yang dilangsungkan di Kemang, Jakarta, Selasa (12/1/2016), Founder & CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky mengungkapkan, di tahun 2016 ini pihaknya ingin sejajar dengan pemain e-commerce lain secara global.

“Kenapa? Karena di Indonesia ada mitos kalau orang tidak mampu. Brand kita belum kuat, Sumber Daya Manusia (SDM) belum mendukung, dan sebagainya. Kita harus mematahkan hal itu. Agar punya kepercayaan diri membangun ekosistem dan brand yang mampu menginspirasi,” ungkap Achmad Zaky.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyatakan Bukalapak.com percaya diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tengah menjadi perbincangan hangat beberapa kalangan sampai saat ini.

Menurut ia, momen MEA seharusnya dijadikan peluang.

“Bukalapak.com makin optimis. Dalam enam tahun perjalanannya kami sudah membuktikan dari banyak pemain e-commerce, Bukalapak.com bisa terus bertahan,” ungkapnya.

Bukalapak.com sendiri sejauh ini telah mampu memasuki perjalanan baru. Pekerjanya telah mencapai 250 pegawai dengan jumlah pelapak lebih dari 500 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, terdapat pula dua juta orang Indonesia yang mengakses internet setiap harinya. Semua itu potensial dijadikan faktor landasan untuk pengembangan lebih positif di masa depan.

“Di usia yang keenam, Bukalapak.com berkomitmen semakin memajukan industri e-commerce Indonesia dengan melibatkan pelaku UKM serta berkontribusi dalam konsep Smart City Indonesia,” tandas Achmad Zaky.


Founder dan CEO Bukalapak.com Achmad Zaky saat meresmikan kantor baru di Kemang, Jakarta, Selasa (12/1/2016). (Tribunnews/Iman P)

Hal senada diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Ia yang turut hadir dalam peresmian dan perayaan ulang tahun Bukalapak.com ke-6 itu menyebutkan, pemerintah senantiasa mendorong terciptanya ekosistem yang kondusif bagi industri e-commerce Indonesia.

Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan Pemerintah adalah adanya ‘E-Commerce Roadmap’. Itu semua merupakan cetak biru bagaimana seharusnya industri e-commerce diperlakukan.

“Ada beberapa isu dalam ‘E-Commerce Roadmap’, di antaranya soal menumbuhkan investasi e-commerce Indonesia, payment gateaway, sistem perpajakan e-commerce, dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan itu semua bisa selesai minggu ini bersama pihak-pihak terkait untuk finalisasi,” ungkap Rudiantara.

Sementara itu, Achmad Zaky yang memimpin Bukalapak.com sejak 10 Januari 2010 bersama dua orang lainnya menyatakan, ke depannya Bukalapak.com ingin terus memberikan yang terbaik bagi komunitas dan masyarakat.

“Agar dapat melakukan kegiatan jual beli online melalui platform yang aman, mudah, dan terpecaya,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, satu langkah yang telah ditempuh adalah menciptakan inovasi supaya segala transaksi berjalan aman dan nyaman bagi konsumen.

“Dijamin barangnya sampai. Terpecaya. Dengan semakin banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam E-Commerce, makin banyak penipuan yang bisa kelihatan dan akhirnya terjaring,” tandasnya.

Acara peresmian kantor baru dan perayaan ulang tahun ke-6 Bukalapak.com itu sendiri dimeriahkan beberapa pihak.

Selain kegiatan office tour yang melibatkan media dan stakeholders, hadir pula pelawak Cak Lontong yang memberi hiburan stand-up comedy yang mengocok perut para hadirin. (Iman P)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini