News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rajai Negeri Sendiri, Kini Webtoon Indonesia Masuki Pasar Internasional

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – Sempat mati suri, dunia komik Indonesia kini kembali bangkit bahkan berkembang secara pesat. Banyak beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, satu diantaranya munculnya komik digital bernama Webtoon.

Webtoon merupakan komik digital gratis dengan tampilan vertikal yang disediakan oleh Naver. Salah satu perusahaan yang sukses mengembangkan aplikasi pesan instant LINE.

Menyadari banyaknya bakat potensial yang belum terasa, pada tahun 2015 lalu, LINE pun menggelar kompetisi LINE WEBTOON Contest yang masuk dalam acara LINE Creative Day 2015.

Diikuti banyak komikus lokal, kompetisi ini akhirnya memunculkan beberapa pemenang yang saat ini namanya tak asing ditelinga penggemar komik seperti Annisa Nisfihani dan Archie the Red Cat.

Tak diprediksi sebelumnya, dua komik bergenre romantis tersebut diterima sangat baik oleh penggemar komik Indonesia, bahkan menjadi favorit hingga sekarang.

My Pre Wedding misalnya, mengisahkan Adelia, seorang gadis cantik yang bekerja sebagai PNS dan suatu ketika tiba-tiba dilamar oleh Adimas yang tak lain merupakan PNS juga.

Menawarkan alur cerita romantis dengan bumbu-bumbu komedi, komik ini membuat baper siapa saja yang membacanya.

Belum lagi komik Eggnoid, yang menghadirkan cerita segar tak biasa. Menceritakan Kirana, gadis yatim piatu yang menemukan telur berisi seorang pria tampan bernama Eggy.

Terlahir sangat polos dan tidak tahu apa-apa, Kirana pun harus mengajarkan Eggy menjalani hidupnya sebagai manusia. Menampilkan cerita unik dan berbeda, komik ini juga sukses besar merebut hati pembaca komik di Indonesia.

Kesuksesan para komikus yang bersaing di ajang LINE WEBTOON Contest inilah bisa dibilang menjadi kebangkitan kembali komik Indonesia yang selama ini selalu kalah pamornya dibanding komik asal Jepang, Korea bahkan Amerika.

Tak hanya dua judul diatas, melalui Webtoon bermunculan juga komik-komik lokal lainnya. Sebut saja komik Tahilalats, 304th Study Room, Terlalu Tampan, dan masih banyak lagi.

Genre yang digemari tak selalu romance, komik bergenre drama, fantasi, komedi, slice of life, thriller, dan horror ternyata juga disukai oleh pembaca.

Melihat kesuksesan komik-komik Indonesia, pihak Webtoon juga merilis komik-komik ini di negara tetangga. Misalnya saja komik Eggnoid yang terbit di Taiwan dan Thailand, Terlalu Tampan di Thailand dan Jepang, dan My Pre-Wedding di Thailand.

Perilisan komik di luar negeri ini juga bisa dijadikan sebagai ‘pintu masuk’ yang bisa dimanfaatkan untuk mempopulerkan komik-komik Indonesia ke kancah internasional.

Tak hanya bakat-bakat para komikus Indonesia, kesuksesan ini juga bisa diraih berkat adanya LINE WEBTOON. Memiliki banyak judul komik dan pembaca, aplikasi komik digital ini masih tetap saja menggratiskan setiap konten yang mereka sediakan.

Hal ini dapat menjangkau para pembaca yang sebelum tak pernah bisa membaca komik dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Ini juga menjadi fase bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan hiburan di tengah-tengah aktivitas mereka yang padat. Belum lagi kemudahan yang diberikan, sebab Webtoon dapat diakses secara mobile sehingga bisa dibaca di mana saja dan kapan saja.

Semua hal itulah yang membuat komik Indonesia kini semakin berkembang dan profesi sebagai komikus mulai diperhitungkan sebagai prospek yang menjanjikan.

Untung saja saat ini, demi mewadahi talenta-talenta komik lokal yang belum terjamah LINE kembali mengadakan kompetisi LINE WEBTOON dalam ajang LINE Creativate 2017.

Kompetisi yang dapat diikuti banyak orang ini mengajak peserta menciptakan Webtoon bertema ‘Hari Berarti’ yang mengeksplorasi situasi atau kejadian penting yang terjadi pada hari tersebut dan menjadikannya sebagai tema cerita Webtoon mereka.

Juara pertama pada kompetisi ini akan mendapatkan hadiah sebesar 30 juta rupiah, juara kedua 20 juta rupiah, juara ketiga 10 juta rupiah, dan Top 7 akan mendapatkan hadiah 5 juta rupiah.

Tapi yang paling penting, para juara pada kategori ini berkesempatan untuk bisa mempublikasikan webtoon mereka dalam serial kompilasi di Official Webtoon.

Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini bisa mengunjungi situs www.linecreativate.com.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini