News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Astragraphia Luncurkan Mesin Production Printer Terbaru untuk Tingkatkan Daya Jual Produk UMKM

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Astragraphia Document Solution menghadirkan teknologi terbaru yang inovatif yaitu Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 untuk menyasar kalagan UMKM yang bergerak di bidang  digital printing.

Mangara Pangaribuan - Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, hadirnya mesin production printer Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 merupakan pelengkap dari berbagai rangkaian seri mesin production printer dari Astragraphia Document Solution dalam memberikan solusi digital print on demand bagi pelaku UMKM.

"Hadirnya mesin ini dapat mendorong pertumbuhan bisnis industri kreatif secara menyeluruh, mulai dari para pelaku UMKM yang menggeluti industri kreatif maupun pelaku UMKM pemilik print shop. Kami berharap, PT Astra Graphia Tbk sebagai korporasi dapat berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional,” katanya, Selasa (9/4/2019).

Ikhsan Ingratubun - Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah Indonesia (AKUMINDO) mengatakan UMKM telah memberikan kontribusi sebesar 60 persen untuk PDB Negara dan menyerap tenaga kerja Indonesia sebesar lebih dari 96 persen.

Baca: Identitas Mayat Wanita Hamil di Pinggir Tol Jagorawi Masih Misterius, Diduga Belum Rekam e-KTP

"Sekitar 60 juta UMKM ada di Indonesia, dan 55 juta diantaranya termasuk dalam kategori usaha mikro, dimana usaha mikro dapat menghasilkan omzet sebesar Rp 300 juta dalam satu tahun. Dari 55 juta pelaku usaha mikro tersebut, terbanyak adalah bidang usaha kuliner yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia,” katanya.

Ikhsan menambahkan, industri percetakan, khususnya digital printing dibutuhkan pelaku UMKM industri kreatif di sektor graphic art (print shop), fashion, kuliner, serta kriya untuk menciptakan tampilan produk yang berkualitas dalam jumlah yang fleksibel.

Eko Wahyudi,  Chief of Graphic Communication Services PT Astra Graphia Tbk mengatakan, mesin production printer Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 merupakan mesin production printer yang mampu memberikan hasil cetak yang berkualitas.

"Pelaku usaha mikro hingga menengah dapat mencetak kebutuhannya di print shop sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan yang tidak mungkin dipenuhi oleh mesin cetak offset," katanya.

Ia berharap, fleksibilitas yang ditawarkan Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 dapat mendorong UMKM untuk terus berkreasi dalam menciptakan kemasan produk dan berbagai materi promosi produk yang menarik dengan hasil yang optimal dan berkualitas.

Berdasarkan data yang dirilis IDC, di sepanjang tahun 2018 Mesin Production Printer Berwarna serta monokrom Fuji Xerox menjadi market leader di Indonesia dengan pangsa pasar (market share) sebesar 61% dan 75%.

“Selain mendukung usaha mikro hingga menengah dalam menciptakan kualitas dan fleksibilitas hasil cetak, khusus bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang menggeluti usaha print shop juga dapat berinvestasi untuk memiliki Fuji Xerox PrimeLink™ C9065," katanya.

Baca: Astragraphia Xprins Indonesia Hadirkan Aplikasi PrinterQoe

David Donovan - Graphic Communication Services Product Marketing Dept. Head PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Fuji Xerox PrimeLink™ C9065  menawarkan fleksibilitas cetak untuk UMKM dengan kualitas gambar yang tajam, konsisten, dan akurat dengan resolusi 2.400 x 2.400 titik per inch (dpi).

"Ini memungkinkan pelanggan mencetak dengan menggunakan kertas setebal 350 gsm hingga pencetakan materi promosi produk UMKM seperti banner. Printer ini memiliki kecepatan cetak 65 ppm (page per minute) yang kami jual dengan harga mulai dari 400 jutaan rupiah," katanya.

Sebagai informasi, Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 merupakan mesin production printer yang menawarkan keungulan seperti GX-i Print Server, Rich IQ Adjustment, Advanced Calibration, dan Automated Adjustment yang juga mengakomodasi kebutuhan standar seperti scan, copy, dan print.

Selain itu, Fuji Xerox PrimeLink™ C9065 juga menawarkan instalasi software yang mendukung Special Imaging Font (SIF) seperti Micro Tech yang menghasilkan font tulisan 0,6 point; UV, di mana akan terlihat gambar pada hasil cetakan ketika menggunakan sinar UV; Correlation, di mana keberadaan nama serta gambar akan teridentifikasi dengan infra red ataupun saat digosok menggunakan kertas khusus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini