News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apple Tidak Sertakan Charger dan Earpods Pada iPhone 12, Ini Sebabnya

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM - Apple baru saja merilis rangkaian smartphone terbarunya, yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Mengutip dari laman situs The Verge pada Rabu (14/10/2020), rangkaian iPhone 12 ini tidak dilengkapi dengan adaptor pengisi daya dan lightning EarPods dalam setiap pembeliannya.

Hal ini dikarenakan Apple ingin mengurangi dampak terhadap lingkungan, dari limbah yang dihasilkan oleh smartphone tersebut.

Baca juga: Apple Resmi Merilis Rangkaian iPhone 12, Ini Spesifikasinya

Sebagai gantinya, dalam rangkaian kotak iPhone 12 ini hanya diberikan kabel USB-C ke Lightning. Tetapi tidak diberikan adaptornya.

Alasan peduli terhadap lingkungan, membuat Apple tidak memberikan adaptor pengisian daya dan EarPods kepada konsumen yang membeli rangkaian iPhone 12.

Apple menyebutkan, langkah tersebut membuat konsumsi bahan mentah untuk setiap iPhone yang dijual menjadi lebih sedikit.

Selain itu Apple juga telah melakukan penghitungan, tidak adanya adaptor dan EarPods akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya.

Jumlah tersebut sama dengan menghilangkan 450 ribu mobil, dari jalan raya setiap harinya. Tetapi langkah Apple ini tidak selalu mendapat respon positif.

Sebelumnya, Apple sempat mendapatkan respon negatif terkait niatnya untuk menghilangkan adaptor dan EarPods dalam pembelian iPhone 12.

Beberapa pengguna media sosial, mengatakan hal ini hanya dalih saja untuk Apple meningkatkan margin penjualan dengan alasan peduli terhadap lingkungan.

Meski begitu, langkah ini tentu bisa mengurangi limbah elektronik yang dihasilkan smartphone meski hanya adaptor dan EarPods saja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini