News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

ASPIMTEL Akan Tingkatkan Kualitas Infrastrukur Jaringan Menara Telekomunikasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi 5G

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengembang Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi (ASPIMTEL) berkomitmen meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan menara telekomunikasi sebagai landasan ekonomi digital nasional.

Hal ini sejalan dengan salah visi dan misi ASPIMTEL, yaitu ikut menumbuh kembangkan percepatan pencapaian era digital dan 5G.

Ketua Umum ASPIMTEL Gusandi Sjamsudin mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ekonomi digital, dilihat dari jumlah penggunaan layanan data yang terus berkembang pesat.

Menurutnya, keberadaan menara telekomunikasi sama pentingnya dalam membangun konektivitas bagi ekonomi digital seperti jalan tol, gardu listrik, atau infrastruktur vital lainnya, terlebih dalam menghadapi era 5G.

Baca juga: Indosat Gelar 5G, Begini Tanggapan Pengamat Telekomunikasi

"Untuk mendukung adanya percepatan implementasi 5G di Indonesia, selain kesiapan spektrum, operator seluler dan device, menara telekomunikasi menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari ecosystem 5G tersebut," papar Gusandi dalam keterangannya, Kamis (15/7/2021).

Oleh karena itu, kata Gusandi, keberadaan menara telekomunikasi menjadi salah satu milestone penting dalam hal adopsi teknologi 5G, dan mendorong adanya peningkatan kualitas, produktivitas serta automasi, di dalam operasional industri, dan menyukseskan inisiatif pemerintah yakni Making Indonesia 4.0.

"Dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan infrastruktur menara telekomunikasi sangat diharapkan, baik dari segi regulasi yang disederhanakan hingga sosialisasi ke masyarakat akan pentingnya kehadiran menara telekomunikasi, untuk
mendukung tumbuhnya industri ekonomi digital yang efisien dan merata di seluruh wilayah Indonesia," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini