News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prediksi Ada Lonjakan Trafik Layanan Data di Momen Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Siagakan Layanan

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Telkomsel melakukan uji kecepatan terhadap jaringan 4G dan 5G, di sela-sela agenda drive test jaringan Telkomsel di periode Natal dan Tahun Baru 2021.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan operator telekomunikasi seluler, Telkomsel, memprediksi terjadi lonjakan trafik layanan data (Payload) pada momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, khusus pada momen perayaan Natal 2021 diperkirakan mengalami peningkatan payload sebesar 8,38 persen, dibandingkan rata-rata trafik harian normal.

Sedangkan pada malam Tahun Baru 2022, akan melonjak hingga 15,08 persen, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 terabyte (TB).

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, BCA Siapkan Uang Tunai Rp 33,2 Triliun

“Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini,” ucap Nugroho di Jakarta, (15/12/2021).

“Di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian,” sambungnya.

Nugroho merinci, akses layanan media sosial pada periode Natal dan Tahun Baru diprediksi tumbuh sekitar 23,42 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen, dan layanan streaming video meningkat sekitar 27,44 persen.

Sementara, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17 persen, akses browsing naik 27,92 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29 persen.

Baca juga: Telkom Membuat Posko Agar Koneksi Internet Tak Terganggu Saat Natal dan Tahun Baru

Untuk menyambut momen spesial akhir tahun ini, Telkomsel telah menyiapkan sejumlah langkah.

Penguatan tersebut dilakukan melalui sejumlah aktivitas yang fokus kepada upaya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, hingga jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Natal dan Tahun Baru kali ini, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan.

Khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Cair 11-15 November 2021, Berikut Cara Cek di Telkomsel hingga XL

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan Covid-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi.

Terkait 70 titik strategis, meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya.

“Telkomsel sebagai society enabler senantiasa konsisten untuk buka semua peluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband, agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital yang maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas,” terang Nugroho.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini