News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teknologi AI di Dashcam Canggih Ini Bisa Deteksi Saat Driver Mengantuk

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Blackvue DR750X-3CHDMSI Plus yang bisa mendeteksi saat driver memgalami microsleep atau tak fokus saat mengemudi kendaraan. Perangkat ini dipamerkan dan dipasarkan di IIMS Hybrid 2022.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi kecerdasan buatan (AI) kini meluas digunakan di peranti kamera pemantau, termasuk pada perangkat dashboard camera.

Teknologi ini memungkinkan pengusaha pemilik armada angkutan memantau perilaku pengemudi selama mengoperasikan kendaraan di jalan, termasuk pula mendeteksi ketika pengemudi mengantuk dan mengalami micro sleep saat menyetir. 

Teknologi pendeteksi kondisi driver yang sedang micro sleep ini tersemat di dashcam Blacvue DR750X-3CHDMSI Plus.

"Dengan teknologi deep learning, kita pelajari dari data-data kebiasaan driver dan wajah driver, kemudian dengan teknologi AI perangkat ini bisa mendeteksi saat driver mengantuk atau saat gagal fokus," ujar Rudy Ham, Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue tentang perangkat dashcam terbaru Blackvue yang diperkenalkan di pameran IIMS Hybrid 2022, Kamis (7/4/2022).

"Alarm akan bunyi ketika driver terdeteksi sedang mengantuk, jika dashcam ini sudah terkoneksi ke cloud manajer operasional di kantor bisa memonitor dan kemudian menjatuhkan teguran ke driver yang mengantuk tersebut," beber Rudy.

Rudy menjelaskan, dashcam dengan teknologi AI ini untuk maksimalkan aspek keselamatan (safety) pengemudi selama mengemudikan kendaraan.

"Teknologi dashcam ini bisa mencegah kecelakaan. Banyak kasus kecelakaan di jalan tol karena ngantuk atau gagal fokus," ujarnya.

Di pameran IIMS Hybrid 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, perangkat ini dihargai Rp 11,8
juta termasuk biaya pasang.

Baca juga: Mirai Car Entertainment Luncurkan Head Unit yang Dilengkapi Kamera 360

Selama lima hari pameran ini, peminat bagus. Cuma karena masih bulan puasa masih slow down.
Sabtu kemarin bagus. Minggu sedikit turun.

Rudy menjelaskan, selama pameran pihaknya memperkenalkan 3 produk dashcam terbaru. Satu diantaranya, dashcam dengan 2 kamera tipe DR750X3CH Plus untuk pengguna langsung dengan pemakaian di mobil untuk mendapatkan gambar pantauan di bagian depan belakang dan kabin mobil.

Perangkat ini antara lain bisa dipasang di mobil yang biasa dipinjam orang lain atau di kendaraan untuk armada logistik atau dipasang di mobil yang biasa dipakai untuk antar jemput anak sekolah.

"Orangtua bisa memantau kondisi kabin mobil dari jarak jauh. Intinya, bisa untuk mengecek kondisi visual di kabin mobil. Untuk dashcam 3 channel ini harganya 8,69 juta termajsk biaya pasang garansi 1 tahun," ungkapnya.

Pihaknya juga memamerkan dashcam 3 channel tipe lain yang bisa dipasang pada truk untuk bongkar muat barang.

"Kita juga ada tipe baru DR750X-2CH LTE Plus yang bisa beefungsi sebagai modem dengan built in sim card dengan 2 kamera, bisa untuk pengguna di kendaraan pribadi. Misalnya saat jalan jalan di mal, lalu mobilnya yang ditinggal di parkiran tiba-tiba ditabrak orang, maka ponsel pemilik mobil akan langsung berbunyi memberi tahu dengan menampilkan visualisasinya," beber Rudy.

Dia menjelaskan, semua dashcam Blackvue tipe 750X dan 900X yang sudah support cloud dilengkapi dengan fitur telematics yang berguna sekali perusahaan yang memiliki armada banyak dan ingin memastikan kondisi kendaraannya setiap saat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini